Panduan Lengkap Cara Mengecek Paket JNE yang Efisien

Ada banyak cara untuk melacak keberadaan paket sekaligus mengecek status paket JNE saat dalam proses pengiriman. Di era serba digital ini, JNE sebagai penyedia jasa pengiriman barang menawarkan sistem pelacakan paket yang lebih efisien melalui website maupun aplikasi.

Layanan cek resi online mempermudah dan meningkatkan transparansi status pengiriman paket. Apalagi, bagi kamu yang hobi berbelanja online atau sering kali berkaitan dengan proses pengiriman barang jarak jauh.

JNE menghadirkan sejumlah fitur cek resi online untuk mempermudah pelanggannya mengecek status paket JNE di beberapa platform. Salah satunya adalah melalui aplikasi MyJNE yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store.

Kehadiran MyJNE dan fitur pelacakan status pengiriman paket JNE memberikan keunggulan bagi pelanggan. Lewat sistem cek resi online, kamu dapat memastikan keberadaan paket hingga estimasi paket sampai di alamat tujuan.

Cek resi JNE mempermudah konsumen memantau status keberadaan paket secara realtime. Untuk melakukan pengecekan status terkini paket, maka kamu harus menyimpan nomor resi pengiriman paket.

Nomor resi merupakan deretan angka yang diberikan jasa ekspedisi pada paket yang dikirimkan. Biasanya, paket JNE memiliki nomor resi yang terdiri dari 16 digit angka dan huruf campuran. Adapun, nomor resi umumnya terletak di kanan atas airwaybill atau bukti pengiriman.

Cara Mengecek Paket JNE

Panduan Lengkap Cara Cek Ongkir JNE YES: Simak Biaya dan Waktu Pengiriman

Berikut ini panduan langkah-demi-langkah tentang cara mengecek paket JNE, termasuk menggunakan website resmi, aplikasi mobile, dan layanan pelanggan.

Cek Paket JNE lewat Website

  1. Gunakan browser internet lalu kunjungi situs resmi JNE di https://www.jne.co.id atau lewat website https://css.jne.co.id/.
  2. Pilih opsi lacak kiriman yang umumnya ada di halaman depan situs terdapat opsi untuk melacak kiriman. Jika tidak, cari menu “Lacak Kiriman” atau sejenisnya.
  3. Setelah menemukan kolom “Lacak Kiriman”, masukkan nomor resi paket yang ingin dilacak
  4. Jika sudah memasukkan nomor resi, klik tombol yang sesuai seperti “Lacak” atau “Cari”.
  5. Situs akan memberikan informasi terkini tentang status dan lokasi paketmu berdasarkan nomor resi yang dimasukkan.

Pastikan kamu memasukkan nomor resi dengan benar untuk mendapatkan informasi yang akurat. Jika kamu mengalami kesulitan, situs JNE biasanya menyediakan panduan atau dukungan pelanggan untuk membantumu.

Baca juga: Panduan Cek Paket JNE dengan Nomor Telepon dengan Mudah

Cek Paket JNE lewat Aplikasi MyJNE

  1. Pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi MyJNE dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  2. Setelah diinstal, buka aplikasi MyJNE pada perangkatmu.
  3. Jika kamu telah memiliki akun, masuk dengan akun tersebut. Namun, jika belum, daftar untuk membuat akun baru.
  4. Pilih opsi “Lacak Kiriman” yang terdapat di menu atau halaman depan aplikasi.
  5. Masukkan nomor resi paket JNE yang ingin dilacak.
  6. Setelah memasukkan nomor resi, tekan tombol yang sesuai untuk melakukan pelacakan.
  7. Aplikasi akan menampilkan informasi terbaru tentang status dan lokasi paket berdasarkan nomor resi yang dimasukkan.

Setelah status pengiriman muncul, maka akan muncul sejumlah istilah yang menunjukkan keberadaan paket terkini. Beberapa istilah yang dipakai cukup membingungkan, terutama bagi yang baru pertama kali mengecek paket JNE.

Berikut ini arti dari istilah status pengiriman paket JNE:

Penting untuk dicatat bahwa istilah-istilah ini dapat bervariasi dan dapat diperbarui sesuai dengan kebijakan dan sistem yang digunakan oleh JNE.

Cek Paket JNE lewat Layanan Pelanggan

Ada cara lain untuk mengecek status paket JNE yakni dengan menghubungi call center layanan pelanggan JNE. Kamu dapat menggunakan opsi ini jika kedua cara cek resi lewat online tidak dapat dilakukan.

  1. Hubungi call center atau nomor layanan pelanggan JNE di (021) 29278888.
  2. Pilih opsi yang mengarahkan ke layanan cek status pengiriman paket JNE.
  3. Saat terhubung dengan customer services, tanyakan status paket JNE terkini dan keluhan yang terjadi saat menggunakan aplikasi online.

Baca juga: Mengenal Status Pengiriman Paket JNE dari Awal Hingga Akhir

Jika terjadi kendala pelacakan status JNE lainnya, kamu juga dapat mengirimkan email pengaduan ke customercare@jne.co.id. Namun, langkah ini umumnya digunakan ketika pengiriman barang terjadi kendala.

Cek resi online JNE lebih cepat untuk mengetahui status terkini pengiriman paket. Pastikan untuk mengecek status paket JNE dengan nomor resi yang sesuai dengan bukti pengiriman.

Exit mobile version