Kreasi Hijab untuk Kebaya Modern: Tutorial dan Gaya

JNEWS – Model kebaya modern hijab berkembang pesat di Indonesia karena merupakan jenis busana favorit untuk acara wisuda, pernikahan, pelantikan, dan acara resmi lainnya. Belum lama ini tren kebaya janggan yang maskulin, yaitu yang dikenakan Jeng Yah (Dian Sastro) di serial Gadis Kretek. Banyak yang bertanya, apakah kebaya janggan bisa dipadukan dengan hijab?

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, model kebaya modern hijab menjadi salah satu kreasi fesyen yang penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kebaya dan hijab dalam paduan itu sama-sama tampak cantik.

12 Kreasi Model Kebaya Modern Hijab

Dikutip dari Wikipedia, kebaya merupakan busana atasan tradisional yang dikenakan oleh para wanita di Asia Tenggara dan negara lain di luar Asia Tenggara. Model kebaya telah berkembang dengan berbagai ciri khas, antara lain kutubaru di seputar Solo, kebaya encim di wilayah Betawi, dan model kebaya modern hijab. Semua jenis kebaya bisa dikreasikan dengan hijab tapi harus memperhatikan bagian-bagian yang terbuka.

Berikut adalah 12 kreasi model kebaya modern hijab yang bisa dicoba.

Daya Tarik Kebaya Janggan yang Dikenakan Dian Sastro dalam Gadis Kretek

1. Kebaya Janggan Hitam dan Hijab Hitam

Warna hitam memancarkan aura elegan dan mewah sehingga dikreasikan menjadi kebaya modern. Kebaya janggan sering terlihat di Kraton Yogyakarta. Kebaya yang mirip beskap atau pakaian adat pria ini tertutup hingga leher.

Model hijab yang sesuai adalah yang minimalis, sesuai dengan nuansa kebaya janggan. Caranya, bagi hijab segiempat menjadi 2 secara diagonal, lalu kenakan seperti hijab biasa. Sebaiknya bagian leher terikat rapi tanpa rumbai untuk memperkuat kesan tegas. Jika ingin menambahkan aksesori, gunakan warna emas tanpa permata.

Baca juga: Daya Tarik Kebaya Janggan yang Dikenakan Dian Sastro dalam Gadis Kretek

2. Kebaya Encim dengan Hijab Warna Cerah

Umumnya pinggiran kebaya encim terdapat bordir tanaman dan bunga. Pilih kebaya dengan warna dasar cerah. Kadang kebaya encim menggunakan lengan ¾ sehingga harus ditambah kaus tangan warna senada.

Hijab untuk kebaya encim lebih bebas, yaitu bisa menggunakan hijab segiempat atau pashmina. Sebaiknya warna hijab tidak senada warna dasar kain, melainkan disesuaikan dengan salah satu unsur warna yang terdapat pada bordir kebaya. Penambahan aksesori warna emas yang menjuntai akan membuat pemakainya tampil ceria.

3. Kebaya Encim dan Hijab Warna Pastel

Cara pemakaian sama dengan no 2, tetapi sebaiknya warna hijab mengikuti salah satu unsur warna pada bordirannya, bukan pada warna kain yang dominan. Misalnya, warna dasar kebaya keunguan, akan lebih menarik menggunakan warna hijab pink lembut.

Model kebaya modern hijab warna pastel akan memberikan tampilan yang lembut dan feminin.

4. Kebaya Kutubaru dan Jilbab Merah Menyala

Jika ingin mencerminkan pribadi yang kuat dan mandiri seperti Maudy Ayunda ketika wisuda, kebaya kutubaru dan jilbab merah menyala akan membuat pemakainya tampil memukau. Jika menggunakan bahan brokat, tak perlu menambah aksesori agar tidak terlalu ramai. Hijab yang sesuai adalah model segitiga yang ringkas di bagian leher. Gunakan dalaman warna senada agar bagian dada lebih aman.

Kutubaru adalah kebaya dengan tutup di bagian tengah. Dahulu tutup tersebut hanya sampai perut bagian atas agar setagen terlihat. Sekarang sudah banyak yang menjual kebaya kutubaru dengan tutup panjang.

5. Kebaya Organza dan Hijab Warna Tanah

Kebaya organza dengan warna-warna tanah merupakan model kebaya modern hijab yang sedang tren di kalangan wanita muda. Kebaya ini memberikan kesan ringan dan riang sekaligus lembut dan feminim.

Kebaya ini bisa dikreasikan dengan ukuran oversize di bagian lengan atau badan. Hijab dengan warna sedikit lebih muda  dari warna kebaya akan membuat wajah bertambah terang atau glowing.

6. Kebaya Tunik dan Hijab Pastel

Kebaya tunik warna pastel keunguan, warna tanah, atau sage akan memancarkan aura lembut dan keibuan. Model ini disukai oleh wanita-wanita yang matang atau wanita yang tidak ingin menunjukkan lekuk tubuh yang jelas. Umumnya tunik yang disukai memiliki panjang hingga lutut atau bahkan sampai di bawah lutut.

Sebaiknya tidak mengenakan warna hijab yang sama persis dengan warna baju, melainkan sedikit lebih muda.

7. Kebaya Brokat Payet dan Hijab Warna Solid

Banyak yang takut menggunakan payet karena tidak mau terlihat terlalu meriah. Sebenarnya payet bisa disesuaikan dengan desain, tidak harus menggunakan payet yang mengkilat.

Untuk brokat warna solid, seperti merah, biru, hijau atau ungu, gunakan payet warna senada untuk mempertegas pola brokat atau payet warna emas untuk memberi efek mewah.

8. Kebaya dengan Pola Payet dan Hijab Warna Pastel

Payet pada kebaya ini tidak untuk mempertegas pola melainkan justru digunakan untuk membuat pola. Kain organza akan manis sekali dihias dengan payet berupa mote atau monte dengan warna senada, misalnya keunguan, kebiruan, dan krem.

Karena kebaya sudah menggunakan banyak payet, maka hijab tidak perlu banyak hiasan, cukup polos saja dengan model sederhana.

9. Kebaya Berekor dengan Aneka Model Hijab

Kebaya berekor akan memberikan tampilan tinggi langsing. Bahan yang digunakan adalah yang ringan dan jatuh. Model hijab lebih bebas karena efek tinggi sudah didapatkan dari kebaya. Namun, sebaiknya motif hijab polos dan senada dengan warna kebaya.

10. Kebaya Ruffle dengan Hijab Pink

Model kebaya ruflle ini imut dan lucu. Namun perlu diingat, karena pemakai kebaya mengenakan hijab maka hindari bagian atas yang terlalu ketat. Bagian ini kadang sengaja dibuat benar-benar seperti menempel pada tubuh untuk memberi kesan mekar sebaik mungkin pada bagian ruffle. Dengan warna pink, para gadis akan tampak cantik dan lembut.

Baca juga: Cara Memilih Model Kebaya Modern yang Cocok untuk Bentuk Tubuh dan Contohnya

11. Kebaya Beludru Warna dan Hijab Warna Solid

Kebaya beludru warna merah, biru, dan hitam disukai oleh masyarakat Jogja karena memberi efek mewah meski polos. Jika ingin menggunakan hiasan, justru dipilih warna yang mencolok.

Hiasan yang banyak digunakan adalah lis baju atau bros warna emas. Warna jilbab yang pas adalah senada dengan warna baju.

12. Kebaya A-line dan Hijab Polos

Kebaya ini merupakan andalan para wanita untuk menyamarkan bagian perut atau pinggul. Kain yang cocok untuk model ini adalah brokat sehingga hijab polos merupakan pasangan yang paling cocok. Umumnya busana ini tanpa hiasan sehingga model hijab bisa lebih bebas, antara lain model praktis atau model dengan banyak lipatan.

Demikianlah model kebaya modern hijab yang bisa dicontoh. Semua model kebaya yang tertutup bisa dipadukan dengan hijab dan akan membuat pemakainya tambah cantik.

Exit mobile version