Dijamin Mood Happy, Lakukan 8 Hal ini di Pagi Hari

Memulai pagi hari biasanya diawali dengan berbagai aktivitas ringan agar mood tetap terjaga. Harus diakui, mood bisa membuat kita lebih bersemangat atau justru malas melakukan rutinitas. Oleh karena itu, mood happy harus bisa dibangun dengan melakukan berbagai hal positif di pagi hari.

Bangun pagi bagi sebagian orang itu terasa berat. Apalagi jika hari sebelumnya adalah akhir pekan dan telah melakukan perjalanan atau liburan, memulai hari Senin butuh usaha tambahan. Namun, jika pikiran dikendalikan oleh mood yang naik turun, maka bisa dipastikan aktivitas seharian bisa terganggu.

Sejumlah aktivitas padat sudah menanti untuk dikerjakan di pagi hari, untuk itu kamu harus memiliki semangat agar seluruh pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara membangun mood happy di pagi hari?

Setiap orang pasti memiliki beragam ritual pagi yang bisa membuat mereka termotivasi dan bersemangat menjalani hari. Hidup pun akan lebih berkualitas karena berbagai hal yang ingin dicapai bisa terwujud.

Untuk membangun mood happy di pagi hari, berikut ini adalah beberapa kegiatan yang cocok dilakukan baik sendiri, bersama pasangan atau anak-anak.

Dijamin Mood Happy, Lakukan 8 Kegiatan ini di Pagi Hari

Dijamin Mood Happy, Lakukan 8 Kegiatan ini di Pagi Hari

1. Bangun lebih awal

Jika biasanya bangun pukul enam pagi, coba ubah kebiasaan tersebut dengan mengatur alarm ke satu jam lebih awal. Mulailah dengan membiasakan diri bangun pagi lalu sholat atau ibadah subuh. Percayalah, membuka hari dengan komunikasi dengan Sang Pemilik Semesta, membuat hati lebih tenang.

Selain itu, ada banyak manfaat yang diperoleh dengan bangun lebih pagi seperti tidak terburu-buru mandi, menyiapkan sarapan dan bisa melakukan hal lainnya. Membangun kebiasaan baik di tiap pagi seperti hal ini akan meningkatkan mood happy karena rencana kegiatan seharian dimulai lebih awal.

Baca juga: Gaya Hidup Berkelanjutan atau Sustainable: Pengertian dan Cara untuk Menerapkannya

2. Membersihkan kamar tidur

Kapan terakhir membersihkan kamar tidur setelah bangun pagi? Sudah jarang? Kalau begitu, mari membangun kembali kebiasaan baik ini.

Membersihkan kamar tidur di pagi hari akan menimbulkan sebuah kepuasan tersendiri karena berhasil melakukan kegiatan kecil yang ternyata memberikan efek lebih semangat untuk melakukan aktivitas berikutnya sepanjang hari.

Tak hanya itu saja, kamar tidur yang bersih akan membuat kesehatan lebih terjaga. Tubuh yang lelah setelah bekerja seharian, akan terasa nyaman berada di kamar yang sudah dibersihkan.

3. Minum air putih

Membuka hari dengan minum air putih, sangat baik efeknya bagi kesehatan tubuh. Walaupun kamu adalah pecinta kopi, tapi tetap biasakan minum segelas air putih setelah bangun tidur.

Manfaat minum air putih di pagi hari bisa membuat tubuh lebih bugar sekaligus bisa menghilangkan rasa kantuk. Tak hanya itu saja, manfaat segelas air putih di pagi hari mampu membuang racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh, lalu racun tersebut akan dikeluarkan melalui urin.

Bagi yang sedang melakukan diet, minum air putih setelah bangun tidur bisa mengendalikan nafsu makan. Penyebabnya adalah air putih akan mengisi lambung lalu dinding lambung akan meregang sehingga memberikan efek kenyang.

Jadi, jangan pernah melewatkan 1-2 gelas air putih di pagi hari.

4. Membuat to do list

Membuat to do list di pagi hari akan menyenangkan, karena tubuh dan pikiran berada dalam kondisi fresh sehingga siap untuk menjalani hari.

To do list atau rencana kegiatan seharian sangat membantu dalam menyelesaikan penuh seluruh aktivitas dari pagi hingga malam hari. Ini seperti ‘panduan’ agar tidak ada yang kelupaan sehingga membuat rencana lainnya berantakan.

Selain to do list kegiatan, bisa juga membuat meal plan jadi tidak akan bingung mau masak apa untuk sarapan, makan siang dan makan malam keluarga.

5. Olahraga ringan

Karena kesibukan, sering kali kegiatan olahraga dilewatkan. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari tidak ada waktu hingga kecapekan. Well, memulai kebiasaan baik untuk meningkatkan mood happy seperti olahraga ini memang butuh dorongan kuat.

Olahraga di pagi hari tidak perlu yang berat, karena nantinya tubuh akan letih dan energi yang dikeluarkan pun banyak. Cobalah melakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan pagi. Tidak mesti ke lapangan, mengelilingi kompleks pun sudah cukup. Dua hingga tiga putaran saja cukup untuk menggerakkan tubuh dan menghirup udara segar di pagi hari.

6. Mandi dengan air hangat dan sabun aroma terapi

Meningkatkan mood happy di pagi hari bisa dengan mengganti kebiasaan mandi air dingin dengan air hangat, tak lupa gunakan juga sabun aroma terapi.

Manfaat mandi air hangat di pagi hari bisa meredakan stres, relaksasi dan menenangkan sistem saraf. Apalagi ditambah sabun aroma terapi seperti lavender yang memiliki efek menenangkan akan menjadi perpaduan yang sempurnah dalam membangkitkan mood happy.

7.    Sarapan pagi

Sarapan tidak boleh dilewatkan. Karena tubuh membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari, sarapan sangat membantu dalam menyuplai energi tersebut. Makanlah makanan ringan seperti roti gandum, telur mata sapi, salad sayur dan oatmeal. Jenis makanan tersebut mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menunda lapar lebih lama dan mampu meningkatkan mood happy.

Pastikan porsinya tidak berlebihan ya, agar tubuh tidak gampang ngantuk. Selesai makan, jangan lupa minum air putih dan berkumur-kumur agar tidak ada sisa makanan yang menempel di sela gigi.

8. Mendengarkan musik

Let the music heal your soul

Let the music take control

Let the music give you the power to move any mountain

Setuju nggak, kalau musik bisa menjadi media untuk healing? Apalagi didengarkan di pagi hari, ini bisa meningkatkan hormon endorfin. Mendengarkan musik, seperti mendapat suntikan semangat untuk lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas seharian. Apalagi mendengar musik dengan lirik yang memberikan semangat, tentunya pikiran akan tersugesti hal baik juga.

Mendengarkan musik dari band atau artis favorit bisa dilakukan di sela olahraga, beres-beres rumah, perjalanan ke kantor, sarapan. Pokoknya kapan saja dan di mana pun, musik bisa membantu pikiran dan tubuh untuk kembali bersemangat.

Baca juga: 9 Lagu BTS Paling Asyik yang Menghiasi Berbagai Drama Korea

Bangun tidur pagi dalam keadaan tenang dan semangat itu sangat penting. Apalagi jika di hari itu, kamu akan menjalani hari yang panjang di kantor, maka melakukan hal-hal di atas akan sangat membantu meningkatkan mood happy. Adakah di antara delapan kegiatan di atas yang sudah mulai dilakukan?

Exit mobile version