Nonton TV Online: Kenapa Kita Bisa Ketagihan?

Kehadiran layanan streaming film telah berhasil mengubah kebiasaan masyarakat dalam menonton. Berbekal koneksi internet dan perangkat seperti smartphone, laptop atau smart TV, masyarakat sudah bisa nonton TV online kapan pun dan di mana pun.

Platform streaming pun mulai ramai bermunculan dengan menawarkan layanan premium dengan banyak jenis film yang siap untuk ditonton. Akses menonton film maupun drama ini terbuka selama 24 jam. Bahkan, penonton tidak perlu menunggu lama untuk episode berikutnya, karena di beberapa serial sudah langsung ditayangkan keseluruhan episodenya.

Pergeseran kebiasaan ini menyebabkan munculnya sebuah fenomena yang disebut binge watching.

Apa Itu Binge Watching?

Psikologi Nonton TV Online

Istilah ini dicetuskan pertama kali oleh layanan streaming terbesar yaitu Netflix di tahun 2013. Jadi, binge watching adalah aktivitas menonton sebuah tayangan secara terus menerus tanpa harus menekan tombol pause, back, stop di remote.

Aktivitas ini mengalami peningkatan selama masa pandemi. Namun, setelah pandemi selesai, ternyata binge watching telah bertransformasi menjadi ‘budaya populer’ di kalangan milenial dan gen Z.

Lantas, apa yang menjadi penyebab mengapa sekarang ini banyak yang menyukai nonton TV online dan berujung ke binge watching?

Baca juga: Cara Efektif untuk Memperkuat Sinyal TV Digital dengan Antena yang Tepat

Penyebab Ketagihan Nonton TV Online

Nonton TV online merupakan alternatif untuk menghilangkan penat setelah lelah dengan rutinitas harian. Apalagi sekarang ini, tidak perlu menunggu lama untuk menikmati film-film yang tayang di bioskop di berbagai layanan streaming.

Contohnya film Marvel terbaru Guardian of Galaxy 3. Film ini rilis resmi di bioskop pada tanggal 3 Mei 2023, tapi per tanggal 2 Agustus 2023 penonton sudah bisa menikmatinya di aplikasi Disney+ Hotstar.

Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa sekarang ini banyak orang yang mulai beralih nonton TV online. Selain faktor tersebut, apa saja faktor lainnya?

1. Tidak Perlu Repot Keluar Rumah

Dalam satu dekade belakangan ini, layanan streaming berkembang pesat. Sebut saja aplikasi mulai dari Netflix, Viu, Hulu, Amazon, Disney+, dan lain sebagainya menawarkan sensasi nonton TV online dengan cara baru. Para penonton tidak perlu repot keluar rumah untuk bisa menonton film favorit.

Tidak perlu repot juga berdandan dan harus mengantre tiket. Cukup buka aplikasi layanan streaming film, penonton sudah bisa mengakses seluruh film yang sudah tayang di bioskop. Cepat, hemat, dan mudah!

Mau menonton rebahan atau duduk santai di sofa kesayangan sambil menikmati camilan, merupakan sebuah kemewahan yang ditawarkan menonton film secara online.

2. Tidak ada Iklan

Dulu menonton sinetron di TV nasional, harus menunggu tayangan iklan yang berdurasi hingga lima menit. Durasi iklan ini memotong total waktu penayangan sebuah film maupun sinetron.

Inilah yang dipangkas oleh nonton TV online, tidak ada iklan. Tapi, ada syaratnya, penonton wajib berlangganan untuk bisa menikmati tontonan bebas iklan. Namun, tidak perlu khawatir, biaya berlangganan relatif murah per bulannya dengan pengalaman menonton film tanpa adanya jeda iklan.

3. Jenis Film yang Bervariasi

Di layanan streaming ini menyediakan beragam film dari berbagai negara, ragam variety show, serial, dokumenter hingga anime. Tentu saja ini sangat menarik, apalagi jika kamu adalah pecinta film, kehadiran aplikasi-aplikasi ini sangat membantu menyalurkan hobi.

Namun, sayangnya dengan hadirnya film yang bervariasi membuat sebagian orang ketagihan melakukan maraton film. Beberapa jenis film yang rawan terjadinya binge watching adalah anime, drama Korea, drama Tiongkok, hingga serial barat.

Menonton drama Korea misalnya yang hadir dengan 16 episode dan keseluruhannya sudah ada di aplikasi. Ini membuat penonton merasa ‘tanggung’ untuk tidak melanjutkan ke episode berikutnya karena merasa penasaran dengan ending cerita. Akhirnya menonton drama tersebut bisa lebih dari tiga jam.

4. Memiliki Kontrol Penuh atas Film yang Ditonton

Nonton TV online memberikan kontrol penuh pada penggunanya. Para penonton bisa pause, skip, play, re-watch, stop hingga menentukan kecepatan pemutaran film. Jadi, penonton tidak perlu khawatir ketinggalan scene tertentu saat ingin ke toilet.

Tak hanya itu saja, penonton bisa memilih mau menggunakan subtitle apa dan kualitas gambar ukuran berapa. Inilah membuat pengalaman nonton TV online lebih menarik dan penonton makin betah berlama-lama di depan ponsel, laptop atau televisi.

Dampak Nonton TV Online bagi Kesehatan Mental

1. Meningkatkan Emosi Positif

Menonton film atau drama favorit di layanan streaming akan meningkatkan emosi positif. Pikiran akan terasa tenang ketika melihat scene di film, drama, atau variety show. Dengan mengalami emosi positif, akan menciptakan pikiran terasa lebih baik, terbuka, dan tidak merasa kesepian.

2. Pelepas Stres

Ketika melakukan aktivitas favorit seperti nonton TV online, otak seseorang akan menghasilkan yang namanya hormon dopamin (hormon bahagia). Pelepasan dari hormon tersebut akan membuat penonton merasa lebih baik, lelah, dan stres bisa diminimalkan.

3. Menambah Motivasi

Menonton film favorit dan mengulanginya, bisa menambah motivasi untuk lebih baik lagi. Pasalnya, di setiap scene film sering sekali ada kata-kata motivasi, harapan yang baik tentang hidup. Tak hanya itu saja, banyak pesan moral yang related dengan kehidupan atau masalah yang dialami seseorang sehingga bisa memotivasi mereka untuk tetap semangat dan berjuang.

4. Menenangkan Saraf

Menonton film, dokumenter, atau variety show dengan latar belakang pemandangan alam ternyata bisa mengembalikan energi, menenangkan saraf dan memberikan ketenangan.

5. Memacu Kreativitas

Tidak sedikit tayangan yang memberikan edukasi terkait permasalahan atau membahas isu yang lagi tren. Di dalam tayangan tersebut bahkan memberikan solusi bagaimana mengatasinya. Misalnya, drama Korea yang booming di tahun 2020, Start Up. Banyak yang bisa melihat bagaimana cara kerja Start Up, melakukan pitching dengan brand, brainstorming untuk mendapatkan ide terbaik dan kerja sama tim dengan menonton serial ini.

6. Mata Mudah Lelah

Selain dampak positif, ada juga dampak negatif yang mesti diwaspadai jika sering nonton TV online, salah satunya adalah mata mudah lelah. Memandang layar ponsel atau laptop dengan duarsi lama bisa membuat mata cepat lelah dan kepala akan terasa berat. Terlebih jika menonton di ruangan minim cahaya, bisa membuat minus mata bertambah.

7. Waktu Tidur Terganggu

Jangan terlalu memaksakan untuk menonton maraton apabila tubuh sudah memberi sinyal lelah. Karena efeknya akan berpengaruh terhadap waktu tidur. Jika waktu tidur terganggu, maka tubuh akan terasa mudah lelah, cepat emosi dan aktivitas keesokan harinya pun bisa terbengkalai.

Baca juga: Bebas Nonton Film: Panduan Menemukan Situs Legal dan Aman untuk Streaming Gratis

Nonton TV online memang menyenangkan, tetapi perlu tindakan yang bijak agar terhindar dari dampak buruk yang akan memengaruhi kondisi fisik dan psikologis. Tip sederhana yang bisa diterapkan adalah batasi durasi menonton misalnya 1-2 jam sehari. Dengan begitu, pikiran dan tubuh akan mendapat suntikan semangat baru dan tidak mengganggu aktivitas lainnya.

 

Exit mobile version