Obat Herbal untuk Mengatasi Stres dan Kelelahan: Pilihan Alami untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Obat herbal merupakan salah satu solusi untuk mengatasi stres dan kelelahan. Stres yang dibiarkan menumpuk akan mengganggu kesehatan mental dan fisik. Pendidikan, pekerjaan, kehidupan sosial, dan terutama kehidupan pribadi akan terkendala. Kualitas hidup tentu saja akan menurun.

Obat atau suplemen herbal tak semuanya aman. Situs Mayo Clinic memperingatkan untuk berhati-hati dengan suplemen herbal yang dijual di pasaran karena tidak diatur seketat obat-obatan medis. Obat herbal untuk mengatasi stres sifatnya hanya sementara dan untuk stres ringan. Di bawah ini adalah beberapa obat herbal yang bisa diramu sendiri di rumah.

Obat Herbal untuk Mengatasi Stres dan Kelelahan

Alam sudah menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengobati berbagai hal, termasuk mengatasi stres dan kelelahan. Berikut adalah ramuan alami yang bisa digunakan sebagai obat herbal untuk stres dan kelelahan.

Obat Herbal untuk Mengatasi Stres dan Kelelahan

1. Minyak Lavender

Minyak dari lavender merupakan salah satu minyak esensial aroma terapi yang paling banyak penggemarnya. Menenangkan diri di rumah sambil menyalakan diffuser yang menguarkan aroma lavender akan mengembalikan energi untuk keesokan harinya. Minyak lavender juga dapat dimasukkan ke dalam botol kecil untuk dibawa bepergian dan dihirup aromanya ketika mulai lelah.

Harga minyak lavender memang tidak murah, tapi bisa dibuat sendiri. Caranya, petik bunga lavender dan rendam dalam olive oil semalaman. Tanaman lavender termasuk mudah dirawat. Anakan lavender banyak ditemui di penjual tanaman dengan harga Rp15.000  – Rp25.000.

Baca juga: Obat Alami Penurun Kolesterol, Cek Apa Saja!

2. Minyak Serai dan Wedang Serai

Sama dengan bunga lavender, serai yang biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu ketika memasak, dapat dijadikan minyak serai. Selain untuk sebagai minyak esensial untuk aroma terapi, minyak serai dapat digunakan sebagai minyak pijat. Pijatan di daerah tengkuk akan membantu meredakan stres.

Serai juga bisa dijadikan minuman yang menenangkan. Caranya, iris batang serai menjadi beberapa bagian atau dibiarkan utuh tapi bagian bawah digeprek. Taruh serai di gelas, masukkan gula batu, lalu tuangi air mendidih. Minum selagi hangat.

3. Permen Mint

Permen mint telah lama dikenal orang sebagai obat darurat ketika mual atau gangguan tenggorokan. Biasanya orang membawa permen mint ketika melakukan perjalanan jauh.

Nah, permen mint juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan agar tidak meningkat menjadi stres. Ada baiknya selalu sedia permen mint di dalam tas ke mana pun pergi karena stres dan kelelahan bisa datang secara tak terduga, misalnya tiba-tiba terjebak kemacetan panjang di jalan.

Daun mint bersama madu bisa diseduh dengan air panas yang akan memberi efek menenangkan. Daun mint juga bisa dimasukkan ke cangkir teh panas atau dijadikan campuran jus.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile atau kamomil merupakan cara sederhana untuk meredakan stres. Teh chamomile adalah teh yang berasal dari bunga chamomile, yang bentuknya seperti bunga aster.

Aroma teh chamomile menenangkan sehingga  sering dimanfaatkan oleh orang yang kesulitan tidur. Teh chamomile banyak dijual di supermarket dan marketplace dalam bentuk teh celup maupun bunga kering.  Seduh teh chamomile bersama madu dengan air panas.

5. Wedang Rempah

Di seputar Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, wedang rempah dijual dalam bentuk kemasan yang berisi rempah-rempah kering. Cara meminumnya adalah diseduh dengan air panas dan didiamkan 1-2 menit lebih dahulu. Isi dari kemasan tergantung penjual, antara lain jahe, kunyit, kayu manis, secang, jeruk kering, cengkih, dan sebagainya.

Wedang rempah bisa dibuat sendiri menggunakan bumbu dapur seadanya. Di dapur-dapur Indonesia umumnya ada jahe, kunyit, kencur, jeruk nipis, serai dan sebagainya. Kupas dan bersihkan semuanya, lalu rebus sebentar kecuali jeruk nipis. Sebagai pemanis, bisa menggunakan gula batu atau gula Jawa.

Selain bisa mengurangi kelelahan, wedang rempah juga bisa mengusir flu dan meredakan sakit perut karena haid.

6. Teh dan Salad Daun Pegagan

Daun pegagan yang berukuran kecil-kecil banyak ditemui di Indonesia. Daun ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya mengurangi sebagai obat herbal untuk mengatasi stres dan kecemasan. Daun pegagan memiliki tekstur renyah sebagai campuran salad. Sekarang juga sudah ada teh pegagan yang dijual di pasaran.

Namun daun pegagan hanya boleh dikonsumsi selama 2 minggu berturut-turut. Setelah itu harus jeda lebih dahulu. Daun pegagan juga tidak disarankan untuk ibu hamil, orang yang memiliki penyakit serius, dan tidak boleh dioleskan di kulit.

7. Berbagai Olahan Daun Kelor

Daun kelor terkenal memiliki banyak manfaat sehingga mendapat julukan The Miracle of Tree. Salah satu manfaatnya adalah obat herbal untuk menghilangkan kecemasan dan kelelahan. Daun kelor sudah ada yang berbentuk ekstrak sehingga bisa ditaburkan ke salad atau olahan makanan lain.

Daun kelor yang segar bisa diolah sebagai sayur bening, sup, atau campuran jus. Pilih daun kelor yang masih muda di bagian pucuk karena yang tua agak pahit.

Baca juga: 11 Aroma Minyak Esensial untuk Redakan Stres

8. Teh Lemon Balm

Banyak yang belum bisa membedakan daun mint dan lemon balm karena wujudnya hampir sama, hanya saja lemon balm beraroma lemon. Keduanya sering dijual berdampingan di supermarket bersama seledri dan sayuran lain. Lemon balm dapat digunakan sebagai bumbu masakan berbahan daging.

Sebagai obat herbal, lemon balm dapat dijadikan teh. Caranya, seduh lemon balm dengan air panas. Untuk pemanis, gunakan madu.

9. Aroma Jeruk

Dari hasil penelitian, aroma jeruk terbukti dapat mengurangi stres sehingga produk kecantikan, minyak esensial, pewangi ruangan hingga cairan pembersih rumah, selalu menyediakan pilihan aroma jeruk. Jenis jeruk yang dipercaya dapat memberikan ketenangan adalah jeruk bali, lemon, dan jeruk mandarin.

Selain menghirup aroma jeruk, baik dalam bentuk pewangi maupun dari buah asli, jeruk yang mengandung banyak vitamin C bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

10. Wedang Jahe

Wedang jahe banyak diminum orang sebagai pertolongan pertama terhadap sakit kepala, flu, meriang, dan juga stres. Caranya, jahe digeprek lalu diseduh air panas atau direbus.

Agar aromanya lebih kuat, jahe bisa dibakar dulu. Sebagai pemanis, umumnya orang menambahkan kental manis putih, madu atau gula batu. Gula pasir juga bisa dijadikan pemanis, tetapi akan mengurangi kesegaran jahe.

Itulah obat herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi stres dan kelelahan. Jika beban pikiran semakin berat atau kelelahan terus-menerus dirasakan, sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter atau psikolog agar mendapatkan obat atau jalan keluar yang lebih baik.

Exit mobile version