One Day One Gold

Oleh Yose Rizal, JNE Cikarang

berbagi bersama dengan kegiatan one day one gold

JNE merupakan perusahaan logistik ternama dengan 45.000 karyawan dan sekitar 7000 titik penjualan.  Saya merasakan kebanggaan yang luar biasa karena kami dari unit Customer Service JNE Cabang Cikarang selalu mencoba mengadopsi apa yang telah diajarkan oleh pendiri JNE Bapak Alm. Soeprapto Soeparno. Semasa hidupnya, dalam banyak kesempatan, almarhum sering memberi petuah-petuah bijaknya, baik bagi keluarga maupun para pimpinan dan karyawan JNE. Salah satu wasiat yang diamanahkan oleh almarhum adalah selalu menyayangi anak yatim dan memperhatikan kesejahteraan karyawannya.

Setiap departemen tentunya mempunyai kegiatan masing-masing. Di unit Customer Service kami mempunyai kegiatan yang kami beri nama “One day one gold”, yang diselenggarakan sebulan sekali selepas gajian. Kegiatannya antara lain: kami berbagi menu makanan kepada anak jalanan, panti asuhan, berbagi buka puasa dan juga berbagi kepada fakir dan anak yatim. Karena kami percaya dengan membiasakan diri untuk berbagi kepada sesama dengan ikhlas, rezeki kami akan terus mengalir seperti air di dalam saluran.

Kita perlu tahu bahwa Allah tidak menilai hambanya dari seberapa banyak harta yang dikumpulkan, melainkan bagaimana cara kita menggunakan harta tersebut. Bukankah banyak yang mengatakan bahwa kekayaan itu bukan tentang seberapa megah rumah yang kita punya, maupun seberapa banyak uang yang kita miliki, namun dari seberapa usaha yang kita lakukan untuk berbagi dengan sesama.

Pada akhirnya kita tidak bisa memberikan label bahwa mereka yang kaya itu adalah orang yang memiliki segalanya atau mereka yang miskin yang tidak memiliki apa-apa. Namun, mereka yang berani dengan ikhlas berbagi adalah orang-orang yang tidak khawatir tentang apa yang mereka punya, karena mereka telah punya segalanya di dalam hati mereka. Selain berbagi kepada sesam, kegiatan One day one gold juga mengarahkan kami untuk saling mengenal kepribadian antar rekan kerja. Tidak jarang pada suatu momen kami membuat acara hangout seperti touring, makan-makan dan lainnya. Namun karena kondisi saat ini tidak memungkinkan kami untuk kumpul-kumpul, akhirnya kami lebih sering membuat acara di ruang kerja, seperti makan bersama, setelah pulang kerja dengan menerapkan physical distancing agar kami tetap aman dari covid 19.

Tidak jarang banyak yang bilang, kumpul bareng teman itu tidak ada manfaatnya. Buang-buang waktu saja. Namun bagi kami, kumpul bareng teman itu positif dan bermanfaat. Karena bisa keluar dari rutinitas pekerjaan, di samping bikin suasana hidup jadi lebih berwarna dan tambah semangat. Dengan One day one gold kami belajar banyak hal yang pada akhirnya kami saling melengkapi satu dengan lainnya. Kami percaya hal baik ini bisa kami teruskan sampai kapan pun dan semoga bisa menjadi role model untuk departemen lainnya.

Exit mobile version