Pandemi Masih Belum Usai, Ketahui Tips Jaga Kesehatan dari Kementerian Kesehatan

Musim Pancaroba, Dokter: Jaga Imun Tubuh dengan Jalani Gaya Hidup Sehat

Musim Pancaroba, Dokter: Jaga Imun Tubuh dengan Jalani Gaya Hidup Sehat

Sudah hampir dua tahun pandemi COVID-19 berlangsung sejak pertama kali diumumkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Setelah adanya varian Delta di tahun 2021, lonjakan kasus Omicron di awal tahun 2022 juga membuat masyarakat kembali merasa khawatir. Lantas, apa yang perlu dilakukan di masa pandemi yang belum juga usai ini?

Baca juga: Cuma Sejutaan, Huawei Rilis Jam Tangan Pintar dan FreeBuds Keren

Lemonilo sebagai brand lifestyle consumer goods berbincang langsung dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam konten #TanyaAhlinya untuk membahas cara menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi. Bersama dr. Imran Agus Nurali, Sp. KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Lemonilo ingin mengajak masyarakat untuk mengetahui tips apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi.

GERMAS sebagai Acuan Gaya Hidup Sehat

“Pada dasarnya kita tetap perlu menjaga protokol kesehatan 5M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan melakukan vaksinasi). Selain itu, penting juga untuk melakukan juga olahraga, istirahat, dan makan makanan bergizi agar imunitas tubuh tetap terjaga,” tutur Imran.

Menurutnya, masa pandemi juga merupakan waktu yang tepat untuk mulai menerapkan GERMAS alias Gerakan Masyarakat Sehat. GERMAS adalah gerakan nasional dari pemerintah yang berfokus pada kesehatan jangka panjang, meliputi:

Bukan hanya selama pandemi COVID-19, setelah pandemi turun, standar protokol kesehatan untuk cuci tangan dan menggunakan masker tetap perlu dilakukan di masa depan. Cuci tangan penting untuk mencegah berbagai penyakit dan menjaga kebersihan. Sementara menggunakan masker bisa mencegah penularan penyakit TBC (tuberkulosis) maupun paparan asap rokok yang tidak baik untuk sistem pernapasan.

Mengelola Stres Bantu Hadapi Pandemi di 2022

Menurut Imran, selain menerapkan protokol kesehatan dan GERMAS, masyarakat juga perlu mengelola stres dan mengembangkan hobi. Kedua hal ini dapat membantu pikiran tetap terjaga dengan baik di masa pandemi.

“Mengelola stres itu banyak cara ya. Masing-masing kembangkanlah hobinya. Hobi melukis, hobi menyanyi, hobi mengurus tanaman. Itu cara-cara mengelola stres, termasuk istirahat. Ini adalah salah satu protokol kesehatan yang perlu kita teruskan di masa pandemi,” ujar Imran.

Baca juga: Surge Dorong Efektivitas Periklanan di Masa Pandemi

Mengelola stres juga bisa dilakukan dengan cara beristirahat dengan cukup. Di masa pandemi, tidak sedikit orang yang bekerja dari rumah tetapi melupakan istirahat. Padahal di tengah kesibukan bekerja, istirahat juga perlu dilakukan. Yuk, tetap pertahankan gaya hidup sehat yang sudah kamu biasa lakukan di masa pandemi ini. Tidak ada kata terlambat juga lo, untuk kamu yang belum mulai. Ingat, dengan gaya hidup yang sehat kamu bisa menjalani hidup dengan lebih menyenangkan!

Exit mobile version