Pengadaian dan Kustomfest Siap Gairahkan UMKM Otomotif

Kustomfest UMKM Pengadaian

 

Bagi sebagian pengguna motor, terutama yang menyukai modifikasi, pastinya sudah akrab dengan gelaran Kustomfest yang menjadi wadah para pecinta, pengrajin, serta UMKM sektor otomotif, khusus pada bidang kesenian kustom motor dan mobil.

Kustomfest sendiri merupakan kependekan dari Kustom Kulture Festival yang digagas oleh Lulut Wahyudi. Sempat vakum karena pandemi Covid-19, ajang yang menjadi lebaranya para pecinta dunia kustom ini kini kembalu mulai bergerak dengan mengusung tema #SEEYOUAGAIN.

Perjalanan 10 tahun Kustomfest dilakukan dengan cara berbeda mengingat kondisi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan. Tak ada lagi hingar bingar kendaraan melainkan dibuat dalam sebuah perjalanan sakram melewati bebera kota di Pulau Jawa dan Bali.

BACA JUGA : Pameran Otomotif Ikut Gerakan Ekonomi UMKM Kuliner

“Dalam situasi pandemi kali ini KUSTOMFEST mencoba merangkum sebuah perjalanan sakral yang akan melewati beberapa kota di Jawa dan Bali sebagai suatu momentum untuk bisa kembali bertemu dan bersapa. Hampir selama dua tahun ini kita semua membatasi tegur sapa secara langsung dengan semua baik itu kerabat, saudara maupun teman. Salah satu visi dan misi dari perjalanan kali ini adalah untuk mencoba membangun kembali ikatan emosional dari KUSTOMFEST dengan semua pecinta Kustom Kulture di Indonesia,” ujar Lulut Wahyudi, Director KUSTOMFEST.

Nah menariknya lagi, gelaran Kustomfest kali ini yang mengandeng PT Pengadaian juga memfokuskan untuk memberikan dukukan bagi UMKM sektor otomotif di Tanah Air yang ditunjukan dengan meluncurkan motor custom ber juluk The Gade ST150 yang dihelat di Gedung Pengadaian Salemba beberapa hari lalu.

Untuk memproduksi motor kustom The Gade ST150, Pegadaian bekerjasama dengan salah satu workshop di Yogyakarta, Retrosyndicate. Nantinya motor ini bisa dibeli oleh masyarakat melalui program produk Pembiayaan Kendaraan Bermotor dari Pegadaian Syariah dengan berbagai kemudahan seperti uang muka terjangkau, pengajuan cepat dan mudah dan juga kemudahan layanan di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, peluncuran motor kustom The Gade ST150 adalah upaya bermitra sekaligus memberikan kesempatan kepada UMKM untuk bisa tumbuh dan bergerak maju.

“Produk motor custom The Gade Coffee & Gold by Pegadaian merupakan wujud komitmen inovasi yang berpihak kepada tumbuh kembang usaha nasabah dan pergerakan ekonomi Indonesia. Event ini diharapkan menginspirasi UMKM pelaku bisnis otomotif untuk terus meningkatkan kreativitas serta menggunakan produk Pegadaian sebagai solusi pembiayaan. Begitu pula para pecinta motor dapat menggunakan produk pembiayaan kendaraan bermotor di Pegadaian,“ ujarnya.

BACA JUGA : Kenali Gelagat Busi Motor yang Mau Mati dan Minta Ganti

Kuswiyoto menambahkan, hal ini sejalan dengan program pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendorong lahirnya koperasi dengan produk unggulan yang memiliki daya saing nasional dan global. Untuk mewujudkan motor kustom ini dipilih workshop dari Yogyakarta yakni, Retrosyndicate milik Yayack Priyo Wibowo.

Sementara, basis motornya dipilih Honda CB150 Verza yang diubah menjadi gaya Scrambler Tracker. Menurut Yayack, desain utama dari motor ini adalah motor multipurpose yang bisa dikendarai harian di perkotaan dan juga nyaman dibawa ke pelosok daerah dengan kontur medan offroad ringan namun tetap mempunyai tampilan stylish.

“Motor ini dibuat dengan tidak banyak mengubah basic dari struktur standar motornya hingga dibuat konsepnya plug and play yakni menambahkan kit custom melibatkan para teman-teman UMKM. Musim pandemi kemarin membuat kita ditantang untuk membuat produk yang bisa diproduksi massal dengan tetap mempertahankan kualitas,” kata Yayak.

“Adanya proyek kerjasama ini juga sekaligus memberikan edukasi kepada mereka bahwa untuk membuat sebuah produk bukan hanya visual saja tapi dengan hitungan yang pasti serta ukuran yang sudah ditentukan. Jadi setiap detail produk parts-nya tersebut betul-betul punya standar dan daya saing tinggi,” tambahnya.

Unit motor ini sudah dilengkapi dengan kustom kit seperti tangki, cover shock, cover mesin, bracket skid plate, bracket lampu depan, setang, knalpot beserta aksesori seperti jok dan tas samping. Unitnya akan menjadi salah satu peserta acara Ride & Drive KUSTOMFEST 2021 dari Merak menuju Bali, 4-12 November 2021.

BACA JUGA : Transformasi UMKM Ambil Peluang di Masa Pemulihan Pandemi

Kerja sama PT Pegadaian dengan workshop motor custom ini kedepan akan dikembangkan tidak hanya modifikasi motor berbahan bakar minyak saja, tetapi juga motor listrik mengikuti selera pasar pelanggan baik pria maupun wanita. Bagi para pecinta modifikasi motor, nantinya juga dapat memperoleh asesoris di outlet-outlet The Gade Coffee & Gold.

Standarisasi produk dan juga inovasi berkelanjutan menjadi hal penting agar dunia otomotif khususnya motor custom tumbuh menjadi bisnis yang semakin diminati masyarakat.

Exit mobile version