Ketahui Penyebab Kolesterol Jahat Tinggi Sebelum Fatal

bahaya kolesterol jahat tinggi

Setelah sebelumnya kami memberikan informasi mengenai bahaya kolesterol jahat atau LDL, sekarang ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab kolesterol jahat. Koleseterol jahat yang tinggi dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit. Jangan dibiarkan!

Tingginya kolesterol jahat sebenarnya dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti pola hidup dan asupan makanan yang tidak sehat. Untuk mencegah agar kadar LDL di dalam tubuh tidak tinggi, sebaiknya kamu harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Bahaya Kolesterol Jahat, Waspada!

Penyebab Kolesterol Jahat Tinggi

1. Kurang Olahraga

Kamu termasuk orang yang jarang berolahraga? Jika iya, maka mulailah hidup sehat dengan rutin berolahraga. Kurang olahraga bisa menyebabkan kegemukan. Orang yang kegemukan bisa menyebabkan menurunnya kolesterol baik dan menaikkan LDL.

2. Merokok

Penyebab kolesterol jahat adalah merokok. Merokok memang tidak baik bagi kesehatan. Ada berbagai macam masalah kesehatan yang ditimbulkan ketika merokok, salah satunya kanker. Namun, tahu kah kamu bahwa rokok juga bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh meningkat? Di kesempatan yang sama, merokok juga bisa menurunkan kadar kolesterol baik yang diperlukan untuk mengurai kolesterol jahat. Karenanya, bagi perokok mulailah untuk berhenti merokok.

Baca Juga: Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Pakai KTP

3. Pola makan Tidak Sehat

Penyebab kolesterol jahat tinggi berikutnya adalah pola makan tidak sehat. Menjaga pola makan amat diperlukan untuk mencegah agar LDL tidak tinggi. Kurangilah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti misalnya makanan cepat saji. Mengutip The Street, Big Mac yang tersaji di McDonald’s mengandung 85 mg kadar kolesterol. Sementara Classic Double dari Wendy’s mengandung 175 mg kolesterol. Selain makanan yang mengandung lemak jenuh, kamu juga harus menghindari makanan yang mengandung minyak, seperti misalnya goreng-gorengan.

4. Kondisi Keturunan

Selain ketiga faktor yang sudah disebutkan di atas, kondisi keturunan (genetik) juga bisa menjadi faktor penyebab kolesterol tinggi. Hal ini biasanya disebut dengan istilah familial hypercholesterolemia. Orang dengan kondisi seperti ini memiliki kadar kolesterol 300 mg/dl atau lebih tinggi. Mereka biasanya mengalami gejala xanthoma, di mana muncul bercak kuning pada kulit.

Mencegah Kolesterol Jahat Tinggi

 

Lalu apakah yang harus kamu lakukan untuk mencegah LDL tinggi? Untuk mencegah kadar LDL tinggi, kamu harus mengatur pola hidup yang lebih sehat.

Yang pertama mungkin kamu harus menurunkan berat badan jika berat badan berlebih. Bagi perokok, sebaiknya hentikan lah aktivitas merokok. Imbangi pula dengan olahraga yang teratur minimal 150 menit setiap minggunya.

Untuk asupan makanan, sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan minyak. Sebagai ganti minyak, kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau olive oil. Konsumsi makanan sehat, seperti misalnya makanan yang mengandung omega-3 dan juga banyak serat, seperti misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, buah alpukat, dan lainnya.

Jika LDL kamu sudah kadung tinggi, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan jenis statin yang bisa kamu temui di pasaran, seperti simvastatin atau atorvastatin. Namun, untuk mengonsumsi obat-obatan ini perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga: OttoPay: Bayar Resto lewat QRIS Sesuai Protokol Kesehatan

Exit mobile version