Penyebab Pangkal Paha Gatal, Jangan Dibiarkan!

Pada artikel sebelumnya, kami sudah memberikan informasi mengenai gejala gatal selangkangan atau jock itch yang mengganggu. Apa sih penyebab selangkangan gatal? Penyakit dengan nama lain jock itch ini disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur yang bernama dermatophytes ini bersifat menular dan bisa dengan mudah menyebar dari satu orang ke orang lain melalui penggunaan pakaian atau handuk secara bersamaan.

Jamur ini sebenarnya secara natural hidup di kulit kamu dan normalnya tidak menimbulkan masalah. Akan tetapi, ketika kamu tidak mengganti pakaian yang basah akibat keringat setelah beraktivitas atau berolahraga, maka paparan kelembapan dalam waktu yang lama dapat memungkinkan jamur untuk berkembang biak dengan cepat.

Nah, jika kamu membiarkan jamur berkembang biak secara pesat di area lipatan paha tadi, maka bisa menimbulkan infeksi yang berujung pada selangkangan gatal. Lalu apa sih penyebab selangkangan gatal? Simak informasinya berikut ini!

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat untuk Tubuh Bugar Pasca Lebaran

1. Mengenakan pakaian atau pakaian dalam yang ketat

Penyebab selangkangan gatal yang pertama adalah pakaian yang ketat. Bagi kamu yang terbiasa mengenakan pakaian atau pakaian dalam yang ketat, sebaiknya tinggalkanlah kebiasaan ini. Pakaian yang ketat bisa menyebabkan iritasi sehingga bisa menyebabkan infeksi jamur dan gatal.

2. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan nyatanya tidak hanya menimbulkan risiko terkena penyakit jantung dan diabates. Kelebihan berat badan juga bisa menjadi penyebab gatal selangkangan. Hal ini karena orang yang memiliki kelebihan berat badan akan memiliki banyak kulit yang berlipat, dimana akan menjadi tempat yang cocok bagi jamur untuk berkembang biak.

3. Mudah berkeringat

Orang dengan masalah gatal selangkangan biasanya adalah orang yang gampang sekali berkeringat atau memiliki volume keringat yang deras. Keringat yang didiamkan ini akan menjadi sarang bertumbuhnya jamur.

4. Memiliki masalah diabetes

Penderita diabetes cenderung mengalami kulit gatal lebih sering daripada mereka yang bukan penderita. Akibat gatal yang terus-menerus tadi membuat tidak nyaman, sehingga dapat menyebabkan iritasi akibat garukan.

5. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah

Orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh atau imun yang lemah akan mudah terkena jock itch. Sistem imun yang lemah akan dengan mudah menimbulkan infeksi jamur dan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Bahaya Kolesterol Jahat, Waspada!

Mengatasi gatal selangkangan

mengobati gatal selangkangan

Bagi kamu yang mengidap masalah selangkangan gatal, jangan khawatir karena masalah ini cukup mudah ditangani. Nah, setelah mengetahui gejala dan penyebab timbulnya jock itch, berikut ini adalah cara mengobati selangkangan gatal.

  1. Gunakan krim, salep, bedak, hingga semprotan antijamur

Ada banyak sekali obat gatal selangkangan untuk mengatasi jamur yang dijual bebas di apotek. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kira-kira obat apa yang cocok untuk mengatasi penyakit jock itch.

  1. Rajin membersihkan area yang terkena dampak dengan sabun dan air hangat

Jamur senang sekali dengan area yang kotor. Karenanya, sebisa mungkin jagalah kebersihan tubuh, terutama di area-area lipatan. Gunakan air hangat dan sabun antiseptik ketika membersihkan bagian yang terinfeksi jamur.

  1. Sebisa mungkin jagalah kulit agar tetap kering

Area yang lembab adalah lingkungan yang ideal untuk infeksi jamur terjadi. Mengeringkan paha bagian dalam dan selangkangan setelah mandi adalah kuncinya.

  1. Jangan berbagi handuk dengan orang lain

Kita tidak akan pernah tahu orang lain mengidap penyakit apa, bukan? Dan seperti yang sudah disebutkan di awal, jamur penyebab jock itch akan dengan mudah menular melalui pakaian atau handuk. Karenanya, sebisa mungkin jangan pernah berbagi handuk dengan orang lain.

  1. Ganti pakaian dalam setiap hari

Penyebab selangkangan gatal bisa jadi karena kebiasaan kamu jarang mengganti pakaian dalam. Tinggalkanlah kebiasaan menggunakan pakaian dalam yang sama dalam beberapa hari. Gunakanlah pakaian dalam yang bersih dan rajin menggantinya setiap hari.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kolesterol Jahat Tinggi Sebelum Fatal

Exit mobile version