Rani Syahfitri, Potret Srikandi Tangguh JNE Serdang Bedagai

Oleh : Tiara Ningtias, HC KCU Medan

Rani Syahfitri, JNE Serdang Bedagai

Memulai karir menjadi seorang kurir sejak Agustus 2018 di JNE Cabang Serdang Bedagai membuat Rani yang dulunya hanya penerima paket kini bangga memikul peran sebagai pengantar paket-paket JNE. Wanita yang lahir 07 April 1992 dan memiliki 1 anak dikenal dengan sosok yang lugu, humble, pemberani dan pantang menyerah.

Terlahir dari keluarga sederhana di Desa Lidah Panah Kecamatan Perbaungan Serdang Bedagai membuat Rani terbiasa berjuang untuk bertahan hidup dengan segala kondisi dan potensi yang dia miliki. Menikah di tahun 2013 dan memiliki satu anak, suami Rani memutuskan untuk bekerja sebagai TKI di Malaysia dan kala itu (2017), berjualan online menjadi pilihan Rani untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Kenyamanan terhadap pelayanan JNE membuat silaturahminya terjalin baik dengan pihak JNE Serdang Bedagai yang akhirnya membuat Rani ingin menjadi bagian dari JNE. Wanita yang memiliki hobi travelling ini memberanikan diri melamar pekerjaan sebagai kurir di JNE Cabang Serdang Bedagai pada 2018 lalu.

“Awalnya coba-coba karena pengetahuan dan skill komputer saya juga kurang, saya rasa saya mampu mengantar paket seperti kurir laki-laki lainnya di JNE. Alhamdulillah setelah saya jalani, saya nyaman dan mampu menyelesaikan setiap target yang diberikan kepada saya”, ujarnya.

Rasa terlanjur cintanya terhadap JNE membuat Rani sehati dengan profesinya hingga dalam bekerja pun ia sangat giat, tekun dan serius. “Karena JNE kehidupan saya mulai berubah, yang dulunya ekonomi saya terbatas, sekarang sudah jauh lebih baik, kebutuhan sehari-hari juga tercukupi bahkan saya bisa menyicil sepeda motor untuk kebutuhan bekerja.

Saya juga merasa bangga menjadi kurir di JNE, selain karena bekerjanya seperti hobi yang dibayar, saya juga tidak pernah merasa rendah hati”, pungkasnya. Bagi seorang wanita tentu tidak mudah menjalani peran menjadi kurir. Tidak hanya beban yang sama, hambatan dan rintangan di jalan juga kerap Rani rasakan seperti kurir-kurir pada umumnya.

Rani Syahfitri, JNE Serdang Bedagai, bersiap melakukan pengiriman paket ke customer

Hari pertama menjadi kurir Rani sempat kewalahan dalam menghafal nama-nama Desa dan Dusun. Terhitung 2 wilayah yang terdiri dari 25 Desa, mulai Desa Sei Buluh kecamatan Perbaungan hingga Desa Terjun Kecamatan Pantai Cermin harus dijalaninya setiap hari dengan jarak tempuh terjauh 40 km dan durasi 2 jam perjalanan.

Hutan, perkebunan hingga jalanan tanpa aspal Rani lalui demi menghantarkan kebahagiaan kepada customer. Bila musim penghujan datang banjir pun tak menjadi alasan untuk menunda kiriman, bahkan Rani berani mengambil langkah menitipkan sepeda motor dan paket-paket yang dibawanya ke rumah warga untuk berjalan melewati banjir demi kepuasan pelanggan JNE.

Bagi Rani paket-paket yang dibawanya adalah amanah yang sangat dinanti oleh para penerima maka Rani sangat menjaga agar paket selalu sampai dengan cepat kepada penerima nya. 30 sampai 50 paket yang menjadi target perharinya mampu diselesaikan tanpa undel dan return.

Rani menyatakan bahwa menunda pengantaran barang sama saja membuat dirinya repot karena pekerjaan dihari esok semakin bertambah. Keamanan, keselamatan diri dan paket-paket yang dibawanya juga sangat diperhatikan agar jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan. Rani senantiasa mensiasati kiriman dengan jarak yang jauh menjadi prioritas pertama untuk diantar, kemudian dilanjutkan dengan kiriman ke daerah yang ramai dan padat penduduk.

Pengalaman dan orang-orang baru yang dihadapi Rani membuatnya tak henti belajar dan bersabar bila mendapati complain dari customer. Suatu keasyikan tersendiri bisa mengenal banyak karakter customer, mulai dari customer yang sudah mengenal JNE hingga customer yang sama sekali belum mengenal JNE.

Rani tak segan membranding dirinya sebagai Srikandi JNE yang bertugas tidak hanya mengantarkan paket tetapi juga mengenalkan JNE hingga ke pelosok desa. Pada beberapa kesempatan ia disambut sangat baik oleh customer dengan disuguhkan minuman. Momen itu pula yang membuatnya bahagia karena merasa puas dan dihargai atas pekerjaannya.

Rani Syahfitri mengantar paket customer setia JNE

Dari 11 kurir yang ada di Cabang Serdang Bedagai, Rani adalah satu satunya kurir wanita yang sampai hari ini masih konsisten menjadi kebanggaan bagi Cabang Serdang Bedagai. Tengku Maizura (pimpinan Cabang JNE Serdang  Bedagai) menyatakan bahwa selama bekerja Rani sangat bertanggung jawab terhadap pekerjaannya, disiplin dalam menyelesaikan target kiriman dan senantiasa jujur jika terjadi kendala apapun dalam pekerjaannya.

“Salut dengan kinerjanya, disiplin dan sangat bertanggungjawab, sangat jarang kiriman yang dibawanya undelivery dan return, kalau kejujurannya sudah tidak diragukan lagi, Rani rela balik jika ada barang yang tertinggal untuk di delivery, padahal bisa saja dibuatkan status diantar ulang dan info ke penerima”, ungkapnya.

Dari banyak pencapaian yang didapatkan Rani di JNE, ia sangat ingin dapat bekerja seterusnya untuk JNE tanpa kendala sampai batas kemampuannya. Tujuannya hanya ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya lewat hasil jerih payah yang dihasilkan oleh dirinya dan suaminya.

Baca juga : Tingkatkan Kapasitas Pengiriman, JNE Teken MoU dengan Pelni

Exit mobile version