Rekomendasi Tempat Makan di Cirebon Buat Santap Siang

restoran di cirebon

Sebagai salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat, Cirebon tak hanya memiliki bermacam destinasi wisata menarik. Cirebon pun memiliki berbagai macam santapan kuliner yang menggugah selera. Ada banyak tempat makan di Cirebon yang pastinya bikin kamu penasaran.

Coba sebutkan kuliner apa yang kamu ketahui yang ada di Cirebon? Nasi jamblang? Nasi lengko? Menyebutnya saja pasti sudah membuat perut kamu terasa lapar bukan?

Ragam hidangan kuliner di Cirebon paling pas bila disantap ketika makan siang. Nah, kalau kamu kebetulan sedang berada di Cirebon, entah keperluan bisnis atau liburan, berikut ini akan kami berikan rekomendasi tempat makan siang di Cirebon yang lezat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Nasi Goreng Enak di Jogja

Rekomendasi Tempat Makan di Cirebon

1. Nasi Jamblang Ibu Nur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nasi jamblang identik dengan santapan khas Cirebon. Tak lengkap rasanya jika tidak makan nasi jamblang kalau sedang berada di kota yang dijuluki Kota Udang tersebut. Nah, kalau kamu ingin mencicipi nasi jamblang, coba deh mampig ke Nasi Jamblang Ibu Nur.

Seperti nasi jamblang pada umumnya, di sini kamu bisa makan dengan berbagai macam aneka lauk pauk yang terjejer rapih di atas meja. Kamu tinggal pilih sesuai yang kamu mau, seperti paru, otak sapi, perkedel, aneka sate, dan lainnya. Harganya pun relatif murah.

Alamat: Jalan Cangkring 2 No.34, Kejaksan.

2. Empal Gentong H. Apud

Rekomendasi tempat makan siang di Cirebon berikutnya adalah Empal Gentong H. Apud. Hmm..gurihnya kuah empal gentong yang disajikan dengan sepiring nasi bakal bikin makan siangmu menarik. Empal gentong sendiri juga menjadi makanan khas di kota tersebut.

Empal gentongnya sendiri memiliki kuah yang lebih kental dengan rasa yang kompleksn yang disajikan dengan potongan daging sapi yang keSelain terkenal dengan empal gentongnya yang lezat, Empal Gentong H. Apud juga memiliki tempat yang bersih, luas, dan ada juga ruangan ber-AC. Kamu juga bisa mencoba berbagai macam makanan lain, seperti empal asem dan tahu gejrot di tempat ini.

Alamat: Jalan Ir. H. Juanda No.24, Battembat.

3. Docang Pak Kumis

Kamu tahu docang kan? Itu lho makanan khas Cirebon yang sejarahnya dibuat dengan menggunakan bahan sisa makanan. Kami sudah pernah kok membahasnya di artikel ini. Nah, kalau penasaran dengan docang, mampir aja ke Docang Pak Kumis.

Docang Pak Kumis menyuguhkan docang dengan isian berupa kontong, daun singkong, tauge, sedikit potongan oncom, dan tak lupa diberi kuah dage dan kerupuk aci putih. Meski dijual dengan menggunakan gerobak yang sederhana, Docang Pak Kumis terkenal di kalangan masyarakat sekitar. Rasanya yang gurih dan pedas bikin segar.

Alamat: Jalan Tentara Pelajar, Pekiringan.

Baca Juga: Cobain Nih 5 Tempat Sarapan di Medan Terfavorit

4. Tahu Gejrot Pak Wardi

Makan siang kok makan tahu gejrot? Ya, gapapa. Mumpung lagi di Cirebon, tidak ada salahnya untuk makan tahu gejrot langsung dari kotanya. Paling enak kalau mau makan tahu gejrot ya di Tahu Gejrot Pak Wardi.

Tahu Gejrot Pak Wardi dibuat dengan halusan bawang merah yang dicambur dengan ulekan cabai rawit hijau yang ditambah kuah berwarna coklat yang memiliki rasa asam, dan tak ketinggalan bumbu rahasia.

Kuah racikan bawang merah dan cabai rawit hijau itu kemudian disiram di atas tahu coklat yang dipotong dadu. Untuk menyantapnya, biasanya penjual akan memberikan biting atau tusuk kecil dari bambu atau kayu. Konon katanya sih Tahu Gejrot Pak Wardi ini sudah ada dari 1972.

Alamat: Jalan Lemahwungkuk No.48, Pekalipan.

5. Nasi Lengko Haji Barno

Selain nasi jamblang, ada juga nih nasi lengko. Kamu tahu nggak nasi lengko? Kuliner khas Cirebon ini disebut-sebut sebagai makanan yang memiliki gizi tinggi karena kandungan protein dan karbohidrat yang rendah kalori.

Nasi Lengko Haji Barno menyuguhkan nasi yang diberi lauk tahu, tauge, daun kucai, timun, yang kemudian diberi siraman bumbu kacang dan kecap. Nah, bumbu kacang di warung ini terkenal gurih dan lezat. Karenanya, tak heran warung ini memiliki pelanggan yang banyak.

Alamat: Jalan Pagongan No.15B, Pekalangan.

 

Exit mobile version