Rian, Costumer Service JNE Bogor Melayani Pelanggan Dari Hati

Oleh : M. Suhendi, Undel Inbound KCU Bogor

Rian Herdiana, CS JNE Bogor

Menjadi Customer Service bukanlah pekerjaan yang mudah. Mereka perlu mengetahui semua detail latar belakang dari sebuah perusahaan agar dapat memberikan informasi tepat kepada para pelangganDengan pekerjaan mereka yang selalu berhubungan dengan pelanggan, Costumer Service harus bisa memberikan solusi dari masalah yang pelanggan hadapi.

Customer Service merupakan presentasi brand image sebuah perusahaan. Tugasnya adalah memberikan kenyamanan serta pengalaman berinteraksi yang baik untuk memenuhi ekspektasi pelanggan. Di dalam perusahaan expedisi JNE sendiri, Customer Service terbagi menjadi call center, tracer, social media, dan bagian claim.

Pekerjaannya sama-sama melayani, memenuhi kebutuhan customer, serta menemukan solusi dari masalah yang dihadapi customer. Rian Herdiana biasa disapa kang Rian, 18 Oktober 2016 adalah awal kang Rian bekerja sebagai Call Center yang merupakan bagian dari Customer Service di JNE Bogor.

Pekerjaannya tidaklah mudah, dia perlu dengan sabar menerima telepon dari pelanggan, mendengarkan setiap pertanyaan dan keluhan pelanggan, serta memberikan jawaban dan pelayanan yang baik kepada semua pelanggan.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan berbagai dampak yang signifikan bagi masyarakat Indonesia khususnya. Berbagai sektor bisnis tak luput terkena dampak dari adanya virus Covid-19, termasuk JNE sebagai perusahaan ekspedisi jasa pengiriman.

Meski dampak yang dirasakan tidak semuanya negatif atau merugikan, pandemi yang dihadapi oleh bangsa Indonesia ini memberi pengaruh yang signifikan dalam hal proses pengiriman barang yang dilakukan oleh perusahaan expesdisi seperti JNE, khususnya JNE Bogor.

Harapan yang dimiliki oleh kang Rian dan para Ksatria, Srikandi JNE mungkin juga merupakan harapan yang tentunya dimiliki oleh masyarakat Indonesia, yakni berharap agar situasi pandemi ini segera usai. Berharap segala aktivitas bisa kembali normal, sehingga bisa terus memberi pelayanan yang terbaik pada customer. “Semoga wabah virus Covid-19 ini bisa segera pulih, dan kita semua bisa kembali beraktivitas tanpa penuh kekhawatiran”. paparnya.

Rian Herdiana (kiri)

Di kala pandemi covid-19 saat ini, pembelian barang secara online semakin banyak peminatnya dan menggunakan jasa pengiriman JNE. Hal ini membuat terjadinya peningkatan traffic shipment, khusunya yang di rasakan oleh JNE Bogor sehingga peran call center sangat dibutuhkan. “Selama pandemi traffic jadi meningkat, kami harus memberikan informasi yang lebih cepat agar pelanggan mengetahui kondisi dan keberadaan paket mereka”, ucapnya.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pengaruh bagi nama baik perusahaan. Peran call center menjadi citra perusahaan di mata pelanggan. “Sebagai call center kami harus memperhatikan intonasi bicara dengan pelanggan, cara kami menyampaikan informasi, dan yang pasti harus jelas serta sabar,” ungkapnya.

Tidak hanya mengandalkan nada bicara saja, sebagai orang yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan, tentunya seorang call center harus memiliki wawasan yang luas. “Kami harus pintar dalam memilih kata-kata agar pelanggan paham dengan apa yang kami sampaikan dan tentunya diperlukan rasa empati agar kami dapat memposisikan diri kami sebagai pendengar yang memahami jawaban seperti apa yang mereka inginkan”, tambah kang Rian.

Menurut Kang Rian call center itu harus memperhatikan dan memahami laporan pelanggan. “Agar bisa menangani pelanggan dengan tenang serta memberikan kenyamanan bagi pelanggan, kami harus menggunakan smiling voice agar terdengar ramah dan pelanggan dapat merasa puas dengan pelayanan yang kami berikan, karena tugas kami adalah menghantarkan kebahagiaan, seperti tagline JNE yaitu, Connecting Happiness”,  tandas kang Rian.

Sebagai seorang call center, kang Rian tidak ­hanya melakukan tugas standar seperti menyelesaikan atau menangani masalah pelanggan, memberikan solusi, memberikan senyuman terbaik dan berperilaku baik dalam melakukan pelayanan.

Namun, Ia juga ingin memberikan pengalaman layanan terbaik kepada seluruh pelanggan setia JNE Bogor dengan strategi atau kunci suksesnya yaitu Do With Your Heart.  “saya berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi agar JNE tetap menjadi perusahaan yang di percaya oleh para pelanggan untuk pengiriman dan pengantaran paket ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia”, tutup Kang Rian.

Baca juga : Galendo, Makanan Asal Ciamis yang Siap Masuk Pasar Mancanegara

Exit mobile version