Stadium 974: Stadion Piala Dunia yang Dibangun dari Container

Perhelatan olahraga sepakbola bergengsi sedunia yang diadakan empat tahun sekali, Piala Dunia, sudah dimulai. Dan ini merupakan kali pertama Piala Dunia diadakan di Timur Tengah dan berada pada musim dingin. Qatar sebagai tuan rumah telah menyiapkan berbagai fasilitas megah nan mewah untuk event ini, salah satunya yang menarik perhatian netizen seluruh dunia adalah stadion Piala Dunia yang dipersiapkan begitu rupa.

Piala Dunia 2022 Qatar Resmi Dibuka

Sumber: Marca

Pembukaan Piala Dunia 2022 yang diadakan pada tanggal 20 November 2022 berlangsung meriah dan unik. Acara dimulai pukul 21.40 WIB di awal dengan pemutaran video resmi dari Piala Dunia 2022. Lalu dilanjutkan dengan hiburan seperti nyanyian dan tarian teatrikal nuansa Arab.

Animasi visual dan permainan tata cahaya yang luar biasa indah membuat yang hadir secara langsung maupun yang menonton di TV kagum. Saat pembukaan ada beberapa hal yang menjadi perhatian publik dunia, yaitu :

Selain pembukaan yang mencuri perhatian dunia, stadion Piala Dunia pun menjadi topik hangat pembahasan di jagat maya. Untuk event skala internasional ini, Qatar menyediakan 8 stadion Piala Dunia dengan fasilitas mewah dan memanjakan para pemain hingga penonton.

Baca juga: Daftar Negara Babak Group Piala Dunia 2022

8 Stadion Piala Dunia yang dipakai untuk perhelatan ini antara lain:

  1. Stadion Al-Bayt
  2. Stadion Al-Janoub
  3. Stadion Ahmed bin Ali
  4. Stadion Education City
  5. Stadion Lusail Iconic
  6. Stadion Al-Thumama
  7. Stadion Khalifa International
  8. Stadion 974a atau Stadium 974

Dari kedelapan stadion Piala Dunia di atas, ada satu yang mencuri perhatian yaitu Stadion 974, yang merupakan stadion Piala Dunia pertama yang menggunakan konsep LEGO, yang memungkinkannya bisa dibongkar pasang. Dan yang membuatnya lebih unik adalah Stadion 974 ini dibangun dari container pengiriman bekas.

Baca juga: Berbagai Gerakan Seru untuk Olahraga di Rumah

Penasaran seperti apa stadion Piala Dunia dari container? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Fakta Unik Stadion Piala Dunia yang Dibangun dari Cointainer

Sumber: MTA Engineering

1. Angka 974

Stadion 974 ini sebelumnya dikenal dengan nama Ras Abu Aboud dan pernah menjadi arena pertandingan antara tim nasional Uni Emirat Arab dan Suriah dalam kompetisi Piara Arab FIFA. Stadion 974 terletak di Doha dan kapasitasnya sebesar 40 ribu penonton.

Untuk menyambut Piala Dunia 2022, stadion ini pun dibangun kembali. Konsep stadion Piala Dunia yang satu ini mengikuti konsep LEGO yang bisa bongkar pasang. Uniknya, Stadion 974 ini menggunakan container bekas berwarna-warni sebagai tribun penonton. Tak tanggung-tanggung, jumlah container yang digunakan sebanyak 974.

Bisa ditebak bahwa nama stadion 974 ini merujuk ke jumlah container penyusunnya. Tak hanya itu saja, 974 adalah kode komunikasi internasional negara Qatar. Nantinya, setelah perhelatan Piala Dunia, stadion ini akan dibongkar, dan lokasinya akan digunakan untuk infrastruktur tepi pantai bagi masyarakat sekitar.

2. Desain

Stadion 974 didesain oleh Fenwick Iribarren Architects, sebuah studio terkenal yang berasal dari Spanyol. Untuk pengerjaan stadion Piala Dunia ini, ada beberapa tim yang mendukung proses pembangunannya, yaitu Schlaich Bergermann Partner untuk structural engineers dan engineering konsultan, Hilson Moran.

Fenwick Iribarren Architects mengembangkan konsep inovatif dan menjadikan Stadion 974 sebagai pertama dalam sejarah Piala Dunia yang bisa dibongkar, dipindahkan serta digunakan kembali dari jenisnya. Saat pembangunan, konstruksi Stadion 974 menggunakan sedikit bahan material, minim limbah dan jejak karbon. Luar biasa!

Bagaimana dengan biaya pembangunan?

Ternyata, biaya pembangunan stadion Piala Dunia ini bisa ditekan alias tidak besar karena menggunakan container bekas.

Dunia mengakui bahwa desain Stadion 974 ini sangat unik dengan konsep material penyusunnya adalah container pengiriman barang yang berwarna-warni. Tapi, ini bukan sembarang container bekas lo! Container penyusun stadion ini bersertifikat standar dan memiliki elemen baja modular.

Stadion Piala Dunia berkapasitas 40 ribu orang ini selesai pada awal tahun 2021 dan dibuat dengan mekanisme koneksi dan de-koneksi untuk memastikan setiap elemen bisa digunakan kembali. Pendekatan ekonomi sirkular ini mengacu pada metode dari industri otomotif.

Setelah Piala Dunia berakhir, container yang akan dibongkar nantinya akan diberikan sebagai bentuk bantuan kepada negara-negara terbelakang dunia.

Sumber: Arquitecture Viva

3. 7 Pertandingan

Selama perhelatan Piala Dunia 2022, Stadion 974 mendapat jatah tujuh pertandingan selama penyisihan grup, dan satu pertandingan perempat final. Berikut daftar pertandingannya, barangkali kamu mau nonton untuk melihat kemegahan dan keunikan stadion Piala Dunia satu ini.

Baca juga: Daftar Juara Piala Dunia Terbanyak

Perjalanan pertandingan Piala Dunia 2022 masih panjang. Sekarang ini masih berada di fase babak penyisihan dan beberapa timnas unggulan mengalami kekalahan. Masih banyak waktu bagi kamu untuk bisa menyaksikan pertandingan yang akan diadakan di stadion Piala Dunia 974. Catat tanggalnya dan jangan sampai kelewatan!

Exit mobile version