Strategi Pertahankan Loyalitas Pelanggan di Instagram

Siap Saingi Tiktok, Instagram Rilis Fitur Reels

Instagram Luncurkan Fitur Reels

Simak strategi pertahankan loyalitas di Instagram berikut ini agar Anda memiliki pelanggan yang setia terhadap produk dan brand bisnis yang Anda kelola.

Instagram dewasa ini tidak hanya sekadar untuk unjuk foto dan video semata, tetapi sudah dijadikan sebagai media promosi bisnis secara online.

Tidak sedikit pelaku usaha, terutama yang melek dunia digital memanfaatkan Instagram sebagai langkah untuk menjangkau banyak  pelanggan.

Pengguna instagram yang mencapai ratusan jutaan orang di seluruh dunia merupakan kesempatan sekaligus peluang bagi pelaku usaha untuk memperluas pasar bisnisnya.

Namun, tetap saja Anda memerlukan strategi dan jurus jitu untuk menarik minat pelanggan terhadap produk atau brand Anda. Bila Anda berhasil, tentu saja mempertahankan loyalitas pelanggan bukanlah hal yang gampang. Itu sebabnya Anda perlu menyimak strategi pertahankan loyalitas pelanggan di Instagram berikut ini

BACA JUGA: Cara Mudah Dapatkan Centang Biru Akun Instagram 

Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di Instagram

1. Jangan Membuat Effect Secara Berlebihan

Terkadang, foto atau gambar yang dimiliki terlihat kurang bagus, sehingga banyak yang memutuskan untuk menggunakan aplikasi edit foto atau langsung menggunakan effect yang sudah disediakan Instagram.

Foto produk Anda memang akan terlihat bagus. Namun, perlu dicatat bahwa menggunakan effect secara berlebihan dapat mengurangi keaslian atau orisinalitas gambar.

Jika hal ini terus berlanjut, akan ada pelanggan yang merasa kecewa karena mereka mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan gambar yang tertera di Instagram.

Jika sudah begitu, mereka bakal enggan untuk mengulang lagi membeli produk Anda. Seharusnya, tampilkan warna apa adanya sesuai warna asli produk, kalaupun Anda mengeditnya, jangan sampai menghilangkan keaslian produk.

2. Gunakan Brand yang Mudah Diingat

Ini tidak hanya berlaku untuk nama brand produk semata, tetapi juga untuk akun Instagram bisnis Anda.

Sebaiknya gunakan nama brand produk sebagai nama akun Instagram yang Anda buat untuk bisnis. Ini merupakan salah satu strategi marketing online yang bisa Anda contoh dari brand besar.

3. Unggah Konten Pembuatan Produk atau Proses Konten

Jika Anda berpikir untuj menunjukkan tentang tata cara pembuatan produk kepada pelanggan, maka itu adalah tindakan yang tepat.

Tapi perlu diingat, jangan memberitahu keseluruhan proses produksi yang ada. Cukup tampilkan highlight dalam bentuk teaser atau cuplikan saja. Dengan begitu, para pelanggan akan merasa penasaran dengan produk yang kamu tawarkan.

Anda juga bisa memberitahu sedikit proses pembuatan konten atau sesi pemotretan produk. Supaya pelanggan maupun calon pelanggan semakin tertarik dengan produkmu.

4. Tunjukkan Kegunaan Produk

Menunjukkan beberapa potongan gambar atau video singkat tentang apa saja kegunaan dari produk yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, para pelanggan akan semakin tahu tentang banyaknya manfaat dari produk tersebut. Penting sekali bukan?

BACA JUGA: Bagaimana Cara UKM Memanfaatkan Instagram untuk Mendukung Bisnis Mereka

5. Membuat Iklan

Kesuksesan suatu bisnis online bisa dilihat juga dari seberapa sering ia mengiklankan diri ke hadapan publik.

Memang tidak menjamin bahwa mereka yang melakukan iklan secara terus menerus memiliki banyak pelanggan, tapi dengan iklan, pelanggan bisa semakin percaya dan semakin loyal.

Hal tersebut dikarenakan para pelanggan melihat keseriusan kamu dalam menjalankan sebuah bisnis. Mereka juga menganggap bahwa kamu merupakan pebisnis yang profesional.

6. Berikan Konten Humor

Jika kamu hanya mengunggah konten tentang produk, maka hal ini akan terlihat sangat monoton dan membosankan bagi para audiens.

Oleh sebab itu, berikan sedikit humor untuk mereka dengan cara mengunggah konten-konten lucu. Baik yang berkaitan dengan produk atau tidak.

7. Bagikan Dokumentasi Event

Saat bisnis Anda mengadakan acara tertentu, jangan lupa untuk mendokumentasikannya berupa foto atau video.

Unggah hasil dokumentasi tersebut ke akun Instagram bisnis yang sudah Anda buat. Ini menjadi bukti bahwa bisnis Anda juga aktif di dunia nyata, alias bukan bisnis penipuan.

Jika hingga kini Anda belum memaksimalkan Instagram untuk bisnis, mulailah gunakan akun Instagram untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yang berujung pada peningkatan penjualan.

Demikianlah strategi pertahankan loyalitas pelanggan di Instagram yang bisa Anda coba.

BACA JUGA: 3 Risiko Bisnis Online yang Perlu Kamu Ketahui

Exit mobile version