Mengenal Viral Marketing, Strategi Bisnis Kekinian yang Wajib Diketahui

gen z

Foto: Freepik

Bisnis viral adalah salah satu strategi bisnis yang “dianut” pelaku usaha saat ini. Dengan menerapkan viral marketing sama artinya meningkatkan brand awarness hingga sales.

Lalu apa itu viral marketing?

Viral marketing adalah gaya promosi yang mengandalkan audiens, untuk menghasilkan pesan produk atau layanan melalui penyajian konten.

Baca juga: Tiga Cara Praktis agar UMKM Banjir Order Via TikTok

Tujuan dari setiap viral marketing adalah untuk membuka lebar potensi jaringan melalui konten yang dibagikan dan disajikan.

Namun, membuat sebuah kampanye menjadi viral tidak sesederhana kelihatannya. Tapi, kalau kamu melakukannya dengan tepat maka bisnis kamu berpotensi mendapat untung besar.

Nah, buat lebih jelasnya berikut sejumlah manfaat dari marketing viral.

1. Hemat Biaya

Salah satu bagian terbaik pada strategi viral marketing adalah audiens melakukan sebagian besar pekerjaan untuk kamu dengan berbagi, berkomentar, dan membuat ulang konten tersebut.

Artinya brand kamu tidak perlu berinvestasi dalam anggaran besar untuk iklan atau ruang media.

Relasi audiens (teman, keluarga, dan pengikut) akan terpapar konten kamu dan menciptakan awareness. Hal ini dapat membantu membangun persepsi brand dan kepercayaan terhadap suatu brand.

Baca juga: Cerita UMK Pawon Pengsong Tembus Pasar Global Berkat Pembinaan

2. Meningkatkan brand awareness

Konten viral biasanya akan dibagikan dari satu atau dua audiens ke jaringan mereka, dan polanya terus berlanjut.

Saat orang membagikan konten, kesempatan untuk lebih dikenal cukup tinggi. Audiens yang membagikan, menyukai, dan membuat ulang konten brand dengan jaringan mereka, dianggap sebagai perwakilan brand yang tidak dibayar.

Strategi viral marketing memungkinkan konten kamu menciptakan semacam hubungan pribadi atau emosional dengan audiens.

Konten viral dapat membantu menunjukkan citra brand lebih luas, sehingga dapat membantu menentukan keunggulan brand kamu dalam ruang pasar yang kompetitif.

Baca juga: Hindari Risiko Finansial Masa Depan dengan Siapkan Asuransi

3. Lebih Autentik dan Asli

Beberapa jenis promosi dapat terlihat memaksa, dengan risiko mengganggu pengalaman audiens di media sosial daripada menarik prospek. Namun, dalam viral marketing, audiens yang membuat keputusan untuk berpartisipasi dalam melihat dan membagikan konten dari brand kamu.

Salah satu keunggulan viral marketing adalah mampu menggerakkan inisiati audiens membagikan konten dari brand.

Prinsipnya adalah, sebagai pemilik brand tidak meminta audiens untuk melakukan sesuatu. Mereka yang akan membagikan ulang atau membuat konten mereka sendiri dan berkontribusi pada kampanye karena mereka menyukainya.

Exit mobile version