Panduan dan Tarif Pengiriman Hewan JNE

Tidak banyak perusahaan ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman hewan. Pasalnya, layanan ini berisiko tinggi. Tapi, tidak perlu khawatir, di JNE pebisnis dan pecinta hewan bisa mengirimkan hewan peliharaannya dengan aman. Oleh karena itu, sebelum mengirimkannya perlu tahu tarif pengiriman hewan JNE.

Mengirim hewan peliharaan tidak sama dengan barang pada umumnya. Harus memenuhi beberapa syarat dan memastikan bahwa hewannya dalam keadaan sehat.

Dalam proses pengiriman hewan pasti ada berbagai kendala, tantangan yang harus dihadapi. Itulah mengapa perlu memilih ekspedisi terpercaya seperti JNE untuk memastikan kondisi hewan selama perjalanan hingga tiba di tujuan tetap aman.

Lantas apa saja syarat dan tarif pengiriman hewan JNE? Bagi yang berencana mengirimkan hewan, berikut ini ulasannya.

Tarif Pengiriman Hewan JNE dan Syaratnya

Panduan dan Tarif Pengiriman Hewan JNE

Untuk mengirim hewan lewat JNE, beberapa syarat di bawah ini harus dipenuhi. Apa saja?

  1. Pengirim mesti menyertakan beberapa dokumen penting, yaitu:
  1. Dalam pengiriman harus menggunakan kandang sesuai standar internasional. Standarnya yaitu mempunyai lubang udara supaya hewan bisa bernapas dengan baik, harus longgar agar nyaman bagi hewan tersebut berada di dalamnya.
  2. Hewan harus dalam kondisi yang sehat, tidak mengalami gizi buruk, tidak ada penyakit menular, tidak ada luka.
  3. Untuk usia hewan yang akan dikirimkan mesti memenuhi standar. Ini dilakukan agar mampu beradaptasi dengan lingkungan selama proses pengiriman.
  4. Kejujuran harus diutamakan terkait jenis hewan dan informasi di atas, untuk mencegah hal yang buruk terjadi.

Baca juga: Panduan Lengkap Pengiriman dengan Paket JNE Sehari Sampai: Cara, Biaya, dan Keuntungannya

Apabila syarat-syarat di atas telah dipenuhi, langkah berikutnya untuk cari tahu tarif pengiriman hewan JNE. Pasalnya, untuk tarif ini berbeda dengan paket pada umumnya. Faktor seperti jenis hewan dan wilayah tujuan menjadi hal penting dalam penentuan tarif. Untuk lebih jelas, berikut rincian tarif pengirimannya.

1. Tarif Pengiriman Hewan JNE di dalam Kota

Layanan pengiriman hewan di dalam kota tarifnya berbeda-beda tergantung pada ukuran hewan dan beratnya. Tarif pengiriman hewan dalam kota yakni:

2. Tarif Pengiriman Hewan JNE Antar Kota

Pengiriman hewan ke luar kota pun dilayani oleh JNE. Seperti tarif dalam kota, layanan luar kota pun berbeda menyesuaikan dengan jarak tempuh, berat dan ukuran hewan. Pastinya untuk tarif lebih mahal dibandingkan dalam kota. Berikut rinciannya.

Tip Mengirim Hewan Peliharaan dengan Aman dan Nyaman

1. Menyelesaikan Seluruh Pemeriksaan Kesehatan

Salah satu syarat agar hewan bisa dikirimkan adalah dalam kondisi sehat. Hewan peliharaan perlu diperiksa kesehatan supaya aman dan nyaman selama perjalanan.

Pengirim bisa mengunjungi klinik dokter hewan terlebih dulu untuk melakukan pengecekan kesehatan, pengujian laboratorium dan vaksinasi.

2. Menguji Wadah untuk Antar Hewan

Pengirim perlu menyediakan box yang layak supaya hewan tetap aman dan nyaman selama perjalanan. Pastikan banyak sirkulasi udara untuk pernapasan hewan.

Apabila hewan yang dikirimkan adalah ikan, pastikan wadah atau plastik ikannya tidak mudah pecah serta memiliki sirkulasi udara yang baik.

3. Menyediakan Makanan dan Minuman untuk Hewan Selama Perjalanan

Menyediakan makanan dan minuman untuk kebutuhan hewan selama perjalanan adalah kewajiban pengirim. Tempatkan makanan dan air minum di dekat hewan peliharaan. Bisa juga dengan meletakkan di tempat suhu tertentu supaya selama perjalanan hewan merasa nyaman dan tetap sehat hingga di tujuan.

Tidak kalah penting adalah memastikan sebelum pengiriman, hewan-hewan tersebut telah mendapatkan makanan dan minuman yang cukup.

4. Menyiapkan Dokumen

Ada sejumlah dokumen yang harus disiapkan sebagai pendukung untuk layak atau tidaknya hewan tersebut bisa dikirim. Dokumen tersebut berupa buku vaksin hewan khusus untuk kucing dan anjing, menyertakan juga surat karantina hewan untuk tujuan antar kota dan antar pulau.

5. Penerima Menjemput Langsung

Demi keamanan, sebaiknya penerima menjemput langsung saat hewan telah tiba di gudang kargo. Jangan lupa untuk membawa identitas lengkap seperti KTP sebagai syarat pengambilan hewan.

Baca juga: Begini Cara Bungkus Paket dengan Aman dan Kuat supaya Tak Rusak di Pengiriman

Layanan pengiriman dari JNE ini merupakan solusi terbaik dan terpercaya dalam mengirimkan hewan peliharaan. Tarif pengiriman hewan JNE pun masih terjangkau mengingat risiko besar yang harus ditanggung perusahaan untuk memastikan hewannya bisa tiba dengan selamat di tujuan.

Exit mobile version