Telkomsel dan Kemenkop UKM Dukung UKM Go Digital 

Telkomsel bersama Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi mendukung Program UKM Go Digital untuk membantu pelaku agar terus tumbuh dan berkembang setelah terdampak pandemi. Kolaborasi ini melibatkan platform 99% Usahaku dari Telkomsel yang memiliki lima fitur utama, yakni edukasi, solusi bisnis, pembiayaan, pemasok, dan pemasaran

Telkomsel berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mendukung program UKM Go Digital. Penandatangan itu dilakukan di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Jawa Barat, Kamis (29/4). 

 

Menurut Senior Vice President Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir sektor UKM merupakan penggerak roda perekonomian dan memiliki kontribusi besar terhadap PDB dan pembukaan lapangan kerja. Karenanya, kerjasama ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini gaya hidupnya sudah serba digital. 

 

“Kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong sektor UKM untuk mengadopsi teknologi digital dengan cepat agar dapat survive di tengah pandemi serta terus berkembang dan meningkatkan daya saing ke depan.” kata Dharma. 

 

BACA JUGA : ZALORA Tebar Hadiah Ramadhan Banjir Diskon

Ditambahkan Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Hanung Harimba Rachman, pihaknya optimis kerjasama ini bisa memulai gebrakan baru dari pelaku UKM menuju UKM Go Digital. 

 

“Hal tersebut pun didukung dengan pembekalan ilmu yang relevan seperti digitalisasi kegiatan pemasaran dan peningkatan keterampilan teknis produksi. Harapannya, kerja sama ini juga dapat menjadi daya dongkrak dan batu pijakan dari pelaksanaan program-program Kemenkop UKM agar dapat berjalan lebih optimal.” tambah Hanung. 

 

Upaya kolaboratif antara Telkomsel dengan Kemenkop UKM meliputi sejumlah inisiatif strategis untuk meningkatkan kapabilitas digital para pelaku UKM. Antara lain pelatihan peningkatan kompetensi sumber daya manusia UKM, sinergi perluasan pasar nasional bagi produk UKM, serta pengembangan pengelolaan usaha dan sistem pembayaran digital. 

 

BACA JUGA : Kisah Bandrek Asal Sumedang yang Dinikmati Warga Belanda

 

Selain itu, Telkomsel mendukung Kemenkop UKM dalam menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas 120 UMKM dari berbagai wilayah di Jawa Barat, dengan memberikan lisensi aplikasi laporan keuangan digital.

 

Telkomsel menggandeng 99% Usahaku, sebagai solusi digital dalam mengakselerasi pelaku UKM untuk go digital. 99% Usahaku merupakan platform multifungsi yang dapat  membantu pelaku UKM dalam memenuhi berbagai kebutuhan secara online. Platform ini memiliki lima fitur andalan dalam menjalankan fungsinya tersebut. 

 

Pertama adalah fitur Edukasi yang menghadirkan berbagai konten pelatihan digital, forum diskusi, hingga kisah inspiratif penuh pembelajaran dari sesama pelaku UKM. Kedua, fitur Solusi Bisnis yang dapat membantu para pelaku UKM dalam meningkatkan produktivitas bisnisnya. Melalui fitur tersebut, pelaku UKM akan diuntungkan dengan beberapa hal, diantaranya Paket Data Khusus UKM dengan harga terjangkau, dimudahkan dalam membuat laporan keuangan secara digital, hingga memperluas jangkauan pemasaran ke toko online.

 

Ketiga, fitur Pembiayaan yang bisa memberikan akses permodalan kepada pelaku UKM yang ingin mengembangkan usahanya, khususnya di masa pandemi saat ini. Keempat, fitur Pemasok yang membantu pelaku UKM menemukan produk yang dibutuhkan oleh bisnisnya dan menghubungkannya dengan supplier. Kelima, fitur Pemasaran atau Hyperlocal Marketing yang mampu menghubungkan pelaku UKM dengan calon konsumen di area sekitar daerahnya.

 

“Kolaborasi bersama Kemenkop dan UKM dalam mendukung Program UKM Go Digital ini sejalan dengan komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk terus bergerak maju membangun ekosistem digital yang inklusif di Indonesia. Diharapkan, kolaborasi ini akan sangat membantu sektor UKM untuk dapat bertransformasi ke digital secara cepat sehingga dapat survive di tengah pandemi, bahkan berkembang di kemudian hari,” ucap Dharma menutup.

 

 

 

Exit mobile version