Tips Makan Daging yang Aman Bagi Kolesterol Darah

tips makan daging yang aman bagi kolesterol darah

Saat perayaan Idul Adha, setiap rumah pasti mendapatkan jatah daging hewan kurban, entah itu sapi atau kambing. Nah, agar kolesterol aman, kamu harus mengikuti tips makan daging agar kolesterol tidak naik.

Ada banyak cara untuk mengolah daging kurban. Paling mudah, biasanya dibuat sate dan dibakar bersama sanak keluarga maupun kawan-kawan. Di samping itu, olagan daging kurban juga banyak yang dibuat menjadi olahan seperti sop atau soto, baik menggunakan santan atau tidak.

Baca Juga: Usai Makan Daging Kurban, Ini Minuman Penurun Kolesterol Alami

Lezatnya daging kurban membuat sebagian orang pasti menjadi kalap. Padahal mengonsumsi daging kurban yang notabene masuk ke dalam kategori daging merah secara berlebihan itu tidak baik karena dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah.

Berikut ini sejumlah tips makan daging yang aman agar kamu tetap sehat. Simak informasinya di bawah ini yah!

1. Pilih bagian daging tanpa lemak

Tips makan daging yang aman pertama adalah usahakan untuk memilih bagian daging yang memiliki kandungan lemak sedikit. Agak susah memang, mengingat daging sapi atau kambing punya kandungan lemak yang berbeda-beda. Dengan pemilihan tersebut, kamu bisa mendapatkan asupan protein yang cukup sekaligus menjaga agar asupan lemak tidak berlebihan. Contoh bagian daging, seperti bagian has dalam, has luar, bagian tulang T atau T-bone, serta bagian leher atau pundak sapi.

2. Mengolah daging yang sehat

Di samping memilih bagian daging tanpa lemak, cara agar kamu bisa tetap makan daging yang nyaman adalah dengan mengolahnya secara sehat. Hindari mengolah daging sapi dengan santan. Sebaliknya, kamu bisa mengolah daging dengan menggunakan bumbu atau rempah yang menyehatkan. Contohnya, kamu bisa mengolah daging dengan masakan, seperti dibuat dendeng, rawon, atau soto. Bisa juga dibuat daging panggang.

3. Menambahkan sayuran

Mengonsumsi daging dalam jumlah yang banyak nggak hanya berdampak pada kadar kolesterol dalam darah yang meningkat, tapi juga berdampak pada usus dan pencernaan. Kebanyakan makan daging juga bisa bikin sembelit. Oleh karena itu, imbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan. Sebuah penelitian dari Journal of Food Science menjelaskan bahwa dampak konsumsi daging merah pada kesehatan usus bisa dikurangi jika diimbangi dengan makan makanan berserat. Kamu bisa mengolah daging dengan sayuran, seperti cah atau di tongseng ada sayuran seperti tomat dan kol.

Baca Juga: Contoh Minyak Baik dan Lemak Baik Biar Nggak Terkena Kolesterol

4. Mengurangi porsi

Tips makan daging yang aman untuk kolesterol tinggi adalah dengan membatasi porsi. Memang benar bahwa daging sapi maupun kambing memiliki banyak manfaat karena kaya akan sumber protein, mineral, dan ragam vitamin lainnya ubntuk tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan maka asupan tersebut akan menjadi sia-sia. Makan lah yang sesuai porsinya.

5. Mengonsumsi teh hijau atau teh hitam

Setelah banyak makan daging kurban, ada baiknya untuk mengonsumsi teh hijau atau teh hitam. Kedua jenis teh ini merupakan teh yang mengandung antioksidan yang baik. kandungan katekin yaitu sejenis antioksidan yang terdapat di teh hijau maupun teh hitam mampu bertanggung jawab atas penurunan kolesterol.

Baca Juga: Usir Udara Kotor dengan 5 Tanaman Hias Pengganti Air Purifier

Exit mobile version