Tips Memilih Monitor Gaming Sesuai Kebutuhan

Tips memilih monitor gaming

Tips Memilih Monitor Gaming – Monitor menjadi salah satu perangkat paling penting di antara komponen PC gaming itu sendiri. Tanpa ada monitor, tentu kita tidak akan bisa melihat konten yang ditampilkan melalui PC, bukan?

Penting bahwa ketika ingin membeli monitor gaming, kamu harus mengetahui kelebihan dan kebutuhannya. Nah, buat kamu yang kebetulan ingin membeli monitor gaming, simak dulu tips memilih monitor gaming berikut ini!

1. Tentukan ukuran layar

Bicara monitor gaming, kamu harus tahu terlebih dahulu ukuran yang dibutuhkan. Nah, soal ukuran layar ini memang kembali lagi pada bujet yang kamu punya dan seberapa besar kamu menginginkan sebuah monitor gaming. Semakin besar monitor, maka akan semakin puas pengalaman bermain game.

Sebenarnya monitor berukuran 24 inci juga sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan bermain game. Ukuran 24 inci bisa dibilang tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil. Sebelum menentukan ukuran, kamu juga harus mengukur luas ruangan atau meja komputer itu sendiri. Jika meja komputer kamu lega, kamu bisa memilih monitor dengan ukuran yang lebih besar, 27 inci misalnya.

Biasanya monitor yang besar, sangat enak untuk kebutuhan bermain game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) hingga game tembak-tembakan macam FPS (Firs Person Shooter).

Baca Juga: Indonesia Peringkat 12 Pasar Gim Dunia dengan Pemain Terbanyak

Tentukan resolusi layar

Tips memilih monitor gaming berikutnya adalah tentukan resolusi layar. Bingung bagaimana resolusi terbaik? Untuk saat ini dianjurkan untuk memilih resolusi minimal Full HD (1920 x 1080 piksel). Tapi, game-game sekarang sudah ada yang mendukung resolusi hingga 4K (3840 x 2160 piksel) bahkan 8K.

Semakin tinggi resolusi, maka gambar yang ditampilkan akan semakin tajam. Namun, perlu diingat bahwa untuk dapat menampilkan gambar yang tajam juga dibutuhkan kartu grafis yang mumpuni. Semisal monitormu mendukung resolusi hingga 4K, tapi kartu grafis tidak mendukung makan akan sama saja bohong. Selain kartu grafis, perangkat keras lainnya juga dibutuhkan dengan spesifikasi yang mumpuni. Jadi, bagaimana kesimpulannya? Balik lagi tergantung bajet.

Tentukan juga refresh rate

Di samping menentukan resolusi, kamu juga harus menentukan refresh rate. Apa sih itu refresh rate? Refresh rate adalah ukuran kemampuan monitor dalam menampilkan jumlah gambar atau frame setiap satu detik  atau dikenal dengan istilah FPS (Frame Per Second). Biasanya FPS sendiri menjadi ukuran utama yang paling sering dipakai oleh gamer untuk mengukur kemampuan gaming PC yang dia miliki dalam menjalankan suatu game.

Kalau resolusi bikin gambar tajam, maka refresh rate menentukan seberapa mulus gambar berjalan. Saat ini refresh rate paling minim bisa di kisaran 60 Hz. Pada refresh rate ini gambar akan berjalan mulus dan lancar. Mau makin lancar? Pilih yang 120 Hz. Refresh rate yang tinggi akan membuat kamu tidak mudah pusing ketika bermain game yang bergerak cepat, seperti misalnya game balap atau game tembak-tembakan.

Baca Juga: Cara Main Mobile Legends di PC, Nggak Pakai Ribet

Pemilihan teknologi panel

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan teknologi panel. Nah, teknologi panel pada monitor PC berbeda-beda dan tergantung harga juga. Yang paling murah di antara teknologi panel yang ada adalah TN (Twisted Nematic). Teknologi panel TN menyuguhkan akurasi warna dan kontras yang baik. Selainitu, panel ini memiliki waktu respon hingga satu milidetik ketika ia memiliki tingkat refresh rate yang cukup tinggi.

Tapi, kelemahan dari panel TN adalah rentan terhadap pergeseran warna ketika dilihat dari segala sisi. Panel ini juga hanya bisa menampilkan 6 bit per RGB dengan total 18 bit.

Exit mobile version