Tips Puasa bagi Ibu Hamil, Jangan Sembarangan Lho

tips puasa ibu hamil

Dalam agama Islam, ada beberapa golongan yang diperkenankan tidak berpuasa pada saat bulan Ramadan, di mana salah satunya adalah ibu hamil. Namun, apabila ada ibu hamil yang ingin menjalankan puasa, sebaiknya ikuti tips puasa bagi ibu hamil.

Meski ibu hamil boleh tidak berpuasa, ada beberapa dari mereka yang masih menjalankan puasa selagi mampu. Dalam hukum islam, ibu hamil tidak diwajibkan berpuasa, namun nantinya mereka harus menggantinya dengan meng-qodho puasa atau membayar fidyah sebanyak hari-hari yang mereka tinggalkan.

Lalu, apakah aman bagi ibu hamil yang puasa? Aman kok. Karena sebuah penelitian menyebut bahwa berpuasa tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan janin, apabila kegiatan tersebut tidak dilakukan pada kehamilan trimester kedua atau trimester ketiga.

Baca Juga: Tips Pola Makan yang Benar Agar Tubuh Bugar Selama Puasa

Sebab pada rentang waktu tersebut, ibu hamil yang puasa akan berpengaruh dan sedikit memiliki risiko terhadap bobot bayi yang cenderung lebih rendah. Selain itu, apabila orang tersebut tiba-tiba mengalami dehidrasi, sakit kepala, lemas, demam, mual dan muntah, hingga nyeri perut serupa dengan kontraksi, maka sebaiknya orang tersebut harus membatalkan puasanya.

Tips Puasa Ibu Hamil

Kamu termasuk wanita yang sedang mengandung, tapi ingin menjalankan puasa? Jangan khawatir, simak tips puasa ibu hamil berikut ini! Semoga puasanya lancar yah!

1. Minum air 2,5 liter per hari

Agar puasanya tetap lancar selama masa kehamilan, para ibu yang mengandung harus mengonsumsi air minimal 2,5 liter per hari. Sebab pda saat puasa, tubuh akan kehilangan cairan yang cukup banyak. Dehidrasi akan menyebabkan kontraksi dan berkurangnya air ketuban. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut ibu hamil dianjurkan untuk minum air putih dalam jumlah yang banyak. Untuk takaran minum air putihnya, bisa dibagi antara sahur, buka, dan setelah buka puasa ya.

2. Wajib penuhi kebutuhan nutrisi

Sebagai wanita yang tengah mengandung, kamu harus memenuhi kecukupan gizi dan nutrisi. Jika ingin menjalankan puasa, maka ibu yang tengah mengandung harus memenuhi kebutuhan nutrisi dengan jumlah 2.500 kilo kalori per hari. Jumlah tersebut dibagi menjadi tiga, yakni 50 persen karbohidrat, 30 persen protein hewani dan nabati, dan 20 persen lemak dari kacang-kacangan. Jangan lupa konsumsi suplemen yang mengandung kalsium, zat besi, dan asam folat ya.

Baca Juga: 6 Manfaat Berpuasa, Nggak Hanya Menyehatkan Fisik tapi Mental

3. Hindari makanan yang terlalu manis

“Berbukalah dengan yang manis”. Pasti kamu sudah tidak asing kan dengan slogan tersebut. Memang ketika berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Namun, untuk ibu hamil sebaiknya hindari makanan dengan kadar gula dan kafein yang tinggi. Makanan yang manis bisa menyebabkan risiko penyakit gula di masa kehamilan trimester dua dan juga lemas.

4. Tidak boleh stress

Selama berpuasa, ibu hamil juga dianjurkan oleh dokter untuk tidak boleh stress. Stress atau banyak pikiran dapat berpengaruh dan membahayakan janin. Ibu hamil yang stress bisa mengganggu waktu tidur, selera makan berantakan, hingga pembuluh darah yang menyempit.

Baca Juga: Tips Minum Air Putih Saat Puasa Agar Tubuh Tidak Dehidrasi

Exit mobile version