Tips Sederhana Mengontrol Emosi Saat Marah

tips mengontrol emosi

Belakangan ini cukup banyak kasus kekerasan yang terjadi di jalanan hingga viral di dunia maya. Oleh karenanya, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengontrol emosi agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Emosi marah merupakan salah satu emosi manusia yang wajar dan alami. Namun, bila tidak dikontrol dengan baik, emosi bisa menyebabkan berbagai dampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain di sekitar kita.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari cara mengontrol dan mengelola emosi dengan efektif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam mengontrol emosi, terutama emosi marah dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Mengontrol Emosi

1. Berbicara yang baik dan santun

Ketika sedang marah, kamu cenderung mudah terpancing dan bereaksi secara kasar. Namun, hal ini justru bisa memperburuk situasi dan membuat orang lain merasa tidak nyaman. Sebaliknya, cobalah untuk berbicara dengan cara yang baik dan santun. Gunakan kata-kata yang sopan dan tenang, serta hindari mengucapkan kata-kata yang kasar dan mengancam.

2. Gunakan akal sehat

Tips mengontrol emosi berikutnya adalah gunakan akal sehat. Pada saat amarah menguasai diri, pikiran biasanya jadi lebih kacau. Malah terkadang seseorang tidak bisa berpikir jernih. Maka dari itu, cara mudah untuk mengontrol emosi adalah coba diam sejenak dan pikirkan dampak buruk yang terjadi saat kita meluapkan amarah secara membabi buta. Pusatkan pikiran di luar rasa amarah, seperti memikirkan hal yang menyenangkan.

3. Hindari situasi yang bisa memicu emosi marah

Beberapa situasi bisa memicu emosi marah, seperti menonton berita yang berisi kekerasan atau mendengarkan orang yang mengkritik kita. Hindari situasi-situasi ini dan carilah aktivitas yang bisa membantumu merelaksasi diri.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Pembully

4. Gunakan teknik relaksasi

Beberapa teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam bisa membantumu mengendalikan emosi. Cobalah untuk meluangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk melakukan teknik relaksasi ini dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan mental dan fisik kamu.

5. Basuh muka

Tips mengontrol emosi yang satu ini cukup ampuh dalam beberapa situasi. Mencuci muka bikin kamu jadi lebih tenang. Setelahnya cobalah bercermin dan merenung akan hal-hal yang terjadi. Kalau kamu muslim, cobalah untuk mengambi wudhu dan salat jika belum menunaikan salat.

Baca Juga: Generasi Sandwich, Lakukan Hal Berikut agar Beban Hidupmu Berkurang

Exit mobile version