10 Situs Webtoon Web Gratis yang Jadi Favorit Pembaca

Webtoon web memberikan pengalaman menarik untuk pecinta komik digital dengan karya-karya seni yang menawan dan alur cerita fantastis dari berbagai komikus andal. Secara umum, webtoon adalah komik yang tersedia dan dapat dinikmati pembaca secara digital atau online melalui layar smartphone maupun PC.

Tak hanya buku yang dapat diakses melalui e-book, kini webtoon pun memperluas akses digitalnya. Terlebih, ada banyak aplikasi webtoon web gratis yang dapat diunduh pecinta komik. Bagi anak muda, webtoon menjadi salah satu hiburan singkat di sela-sela kepenatan tugas atau pekerjaan.

Tak heran, melalui webtoon web, pecinta komik tak perlu lagi mencari buku fisik karena kini dapat menikmati berbagai genre komik hanya dalam satu media saja. Menarik bukan? Ada banyak situs webtoon web gratis yang dapat kamu nikmati dengan karya fantastis. Simak rekomendasi 10 aplikasi webtoon gratis terfavorit.

Daftar 10 Situs Webtoon Web Gratis

LINE webtoon web
Sumber: LINE Webtoon

LINE Webtoon

Di Indonesia sendiri, terdapat aplikasi komik yang populer yaitu Webtoon dengan logo ikonik berwarna hijau. Webtoon merupakan aplikasi asal Korea Selatan yang dirilis Naver Corporation pada tahun 2004. Aplikasi ini menawarkan beberapa skema bagi pembaca, mulai dari judul yang dapat diakses gratis, membeli episode dengan koin, maupun menunggu akses gratis harian.

Di Korea, aplikasi komik ini dikenal Naver Webtoon, lalu di Jepang dikenal dengan Line Manga, dan versi Tionghoa menyebutnya Dong Man Manhua. Sementara itu, brand LINE Webtoon atau Webtoon sendiri digunakan untuk aplikasi yang rilis di Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Thailand.

LINE Webtoon menawarkan ratusan karya komik webtoonist dari dalam negeri maupun luar negeri. Aplikasi ini telah diunduh oleh 1 juta lebih pengguna, tak heran jika sederet webtoon terkenal dengan pembaca terbanyak kerap kali diadaptasi menjadi film maupun serial televisi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli Terbaik

Kakao Page

Daum Webtoon adalah nama produk webtoon web pertama di dunia yang dirilis pada tahun 2003. Aplikasi komik online itu terus berkembang dan bergabung dengan Kakao Corporation pada 2013 dengan nama baru yakni Kakao Page.

KakaoPage yang dapat diunduh secara gratis ini juga sempat dianggap gagal. Namun, setelah menghadirkan webtoon web berjudul Legendary Moonlight Sculptor dan beberapa karya populer lainnya, aplikasi tersebut kembali bangkit. Aplikasi ini juga menawarkan judul komik gratis dan premium yang berbayar.

Kini kamu dapat mengunduhnya di smartphone lewat Play Store ataupun App Store. Sementara di PC, kamu dapat mengunjungi situs resminya kakaopage.co.id. Sama hal nya dengan LINE Webtoon, beberapa judul dari KakaoPage yang diadaptasi menjadi drama korea misalnya Itaewon Class yang dibintang Park Seo Joon.

Tory Comic

Webtoon web gratis lainnya yang dapat kamu akses yaitu Tory Comic yang menawarkan layanan seperti halnya Line Webtoon. Aplikasi ini juga berasal dari Korea Selatan dan cukup populer di negara tersebut karena memberikan pilihan komik dengan genre yang lengkap.

Apalagi, Tory Comic merupakan aplikasi komik digital pertama yang menawarkan sistem terjemahan gratis. Jadi, walaupun webtoon yang ingin kamu baca berasal dari negara lain, kamu dapat menerjemahkan sesuai dengan bahasa yang kamu pahami, termasuk bahasa Indonesia.

Tapas

Tapas merupakan platform bagi komunitas pencipta webtoon web dengan karya lebih dari 103.000 cerita yang diterbitkan. Aplikasi ini mengakomodasi pembaca dan pencipta, menawarkan segudang cerita untuk menghilangkan rasa bosan. Ada banyak sekali genre yang tersedia dan pembaca dapat memilih antara cerita gratis dan premium.

Program Premium Tapas melayani webtoonist yang ingin menerbitkan seri berbayar untuk platform dan pembaca yang ingin mendukung mereka dengan terus membaca. Umumnya, beberapa episode pertama komik gratis, dan sisanya harus dibuka dengan membayar menggunakan ‘tinta’.

WebComics

Sebagai platform komik yang baru meluncurkan aplikasi selulernya pada tahun 2018, WebComics telah memperluas pilihan komiknya untuk memasukkan lebih dari apa yang disediakan oleh kebanyakan platform lain. Sebagian besar komik gratis tetapi beberapa episode komik harus dibeli menggunakan ‘permata’ atau ‘koin’ platform.

Koin dapat diperoleh melalui pembelian aplikasi atau hanya membuka aplikasi untuk rentang waktu tertentu (mis. 5 menit sama dengan 20 koin), atau melalui tugas lain-lain seperti berbagi kode atau berpartisipasi dalam survei. Alternatif untuk melihat semua komik secara gratis adalah bergabung dengan membeli keanggotaan dan membayar biaya bulanan atau tahunan.

Netcomics

Netcomics menghadirkan karya webtoon gratis yang luas dengan beragam cerita dan gambar yang tak kalah unik. Ada banyak sekali genre yang bisa dipilih, dan selain tab Genre dan Free, ada juga tab Novel yang bisa ditelusuri.

Platform webtoon web ini cenderung mengikuti sistem yang serupa dengan platform lainnya, ada beberapa episode komik awal yang dibuka gratis, dan sisanya harus membayar. Situs ini menawarkan opsi menyewa atau membeli satu bab, dengan yang pertama adalah opsi yang lebih murah.

Pembaca tak memerlukan uang tunai secara langsung untuk pembelian di platform tetapi harus membeli beberapa Koin Netcomics dan kemudian memutuskan bagaimana membelanjakannya di situs.

Pockets Comic

Pockets Comics atau yang dikenal dengan sebutan Comico adalah platform webtoon web berbasis di Jepang yang populer dengan katalog campuran manhwa, manga, dan webtoon aslinya. Sebagian besar kontennya mencakup romansa dan irisan kehidupan.

Platform ini didirikan oleh NHN Japan Corporation, anak perusahaan dari NHN Entertainment Corporation. Comico memiliki mode gratis dan premium berbasis koin. Seperti kebanyakan webtoon web resmi, aplikasi ini berkembang pesat ke pasar luar negeri.

Sebagian besar judul mereka tersedia dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Jerman, Taiwan, dan Prancis. Pocket Comics memiliki aplikasi manhwa bagus yang tersedia di Android, iOS, dan situs web.

Toomics

Toomics menawarkan berbagai genre untuk dipilih secara gratis, dibagi menjadi beberapa bagian bagus seperti Komik Terbaru, Direkomendasikan, dan Komik Populer. Beberapa konten populer di Toomics mewajibkan pengguna untuk mengonfirmasi umur di atas 18 tahun.

Toomics mengikuti pola yang sama dengan platform webtoon web serupa lainnya. Umumnya, beberapa episode pertama dari sebuah serial gratis untuk dibaca, dan episode berikut ini akan dikenakan biaya koin. Namun, Toomics memang menawarkan Keanggotaan VIP yang memberi akses tak terbatas ke semua webtoon di platform seharga $8,99/bulan.

Lezhin

Aplikasi Lezhin disebut sebagai penerbit webtoon premium karena membebaskan pembuat konten untuk berkreasi dengan lebih luas dan dengan jenis seri yang mereka suka. Tak heran jika banyak seri Lezhin yang sukses terkenal seperti Killing Stalking dan Painter of the Night, tetapi masuk dalam kategori dewasa.

Lezhin juga telah menyiapkan sistem koin untuk melakukan pembelian dalam platform. Pembaca dapat membeli bundel koin dan kemudian menggunakan koin untuk membuka episode cerita. Selain itu, Lezhin memungkinkan penggunanya untuk mendaftar untuk keanggotaan VIP dengan keuntungan, seperti diskon khusus VIP untuk bundel koin dan setoran bulanan sebesar 45 koin ke akun dengan hanya dengan menjadi anggota.

Baca juga: Manfaat Positif Membaca Manga dari Seorang Staff IT JNE Klaten

Tappytoon

Tappytoon menyediakan komik berkualitas dengan karya cerita luar biasa. Platform webtoon web ini adalah versi terjemahan bahasa Inggris dari komik Korea yang masih dalam tahap “diperiksa”.

Meski menarik, kelemahan besar Tappytoon adalah semua komiknya hanya dapat diakses dengan pembayaran, kecuali beberapa episode pertama dari setiap komik. Seperti platform lainnya, kamu dapat membaca beberapa contoh bab sebelum menggunakan token untuk mengakses seri selanjutnya.

Sekarang, tak perlu bingung lagi untuk mencari webtoon web dengan kumpulan karya komik digital yang seru dan gambar menarik. So, mana aplikasi webtoon yang paling kamu suka?

Exit mobile version