Yoshi Sapto Sr. Manager JTR : Masa Pandemi, Layanan JTR Kian Diminati Masyarakat

Senior Manager JTR, Yoshi Sapto

Selain produk yang sudah familiar bagi customer JNE seperti YES, Reguler dan OKE, JNE juga memiliki produk layanan JNE Trucking (JTR) yang dalam beberapa tahun belakangan khususnya di masa pandemi mengalami pertumbumbuhan yang cukup signifikan. Service

JTR adalah layanan pengiriman dengan berat atau volume kirim minimal 10 kg dan dengan ongkir yang lebih murah dibanding layanan YES, Reguler maupun OKE. Service JTR menggunakan moda jalur darat dan laut. Berikut petikkan wawancara JNEWS dengan Senior Manajer JTR, Yoshi Sapto, terkait operasional JTR di masa pandemi, Selasa (6/7/2021).

Armada JTR.

Belakangan kasus Covid-19 semakin meningkat, apalagi sekarang dilakukan PPKM Darurat, apakah ada dampak bagi pengiriman JTR?

Produk JTR menjadi salah satu layanan favorit customer JNE selama era pandemi. Dimulai dari kiriman hand sanitizer di awal-awal pandemi pada Maret 2020 silam, kemudian berlanjut dengan pengiriman APD dan barang-barang penunjang kesehatan lainnya hingga yang terakhir adalah kiriman tabung oxygen pada pertengahan 2021 ini.

Hal ini dikarenakan keterbatasan jadwal dan ketentuan pengiriman bila menggunakan moda transportasi udara. Sementara saat Covid-19 melonjak dalam beberapa waktu belakangan kebutuhan akan oxygen semakin tinggi. Di masa PPKM Darurat, operasional JTR JNE bisa kami pastikan tetap berjalan normal.

Artinya, layanan JTR tetap mengalami pertumbuhan walau pandemi masih berlangsung sampai sekarang?      

Memang betul. Di balik pandemi memang ada oportunity tersendiri bagi JTR, di mana selain alat-alat penunjang kesehatan, pertumbuhan JTR juga disumbang dari marketplace yang gencar berpromosi dan pada 2020 layanan JTR yang mereka sebut cargo baru dibuka di aplikasi marketplace mereka.

Alhamdulillah begitu layanan JTR dibuka di marketplace, sambutannya sangat bagus dari masyarakat karena banyak dari mereka yang belanja dengan berat minimal 10 kg. Secara umum, bisa kami katakan pasar JTR mulai terbentuk dan mengalami pertumbuhan stabil rata-rata 10-15% setiap bulannya sejak awal 2021.

Kantor Cabang JNE mana saja yang peningkatan service JTR-nya cukup tinggi?

Selain Jabodetabek, peningkatan layanan JTR yang cukup tinggi juga terjadi khususnya di kota-kota besar Pulau Jawa, seperti Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya.

Adakah program yang dibuat agar pengiriman JTR terus meningkat?

Kami memiliki target yang harus dicapai untuk beberapa periode ke depan. Untuk itu, perluasan distribusi  produk JTR (zona wilayah) dan diversifikasi produk JTR menjadi program kami untuk dapat meningkatkan penjualan.

Terkait pandemi Covid-19 ini, bagaimana agar customer merasa nyaman saat paketnya diterima?

Sesuai dengan protokoler kesehatan yang telah dikeluarkan oleh Tim Satgas Covid-19 JNE, tentu tim operasional JTR wajib untuk mematuhi agar kiriman customer tiba di penerima dalam kondisi yang aman dan bebas dari Covid-19.

Dimulai dari penerimaan barang hingga proses delivery semua mengacu pada Prokes yang telah ditetapkan oleh Tim Satgas Covid-19 JNE, misalnya sebelum delivery dilakukan sterilisasi terhadap paket kiriman terlebih dahulu, begitu juga para kurir mobil (driver) yang mengantarkan paket dipastikan juga melakukan Prokes. *

Baca juga : PPKM Darurat, Pelayanan Distribusi Paket JNE Tetap Berjalan Normal

Exit mobile version