Intip Peluang Usaha di Masa Pandemi

peluang usaha

Di masa pandemi seperti saat ini, bukan menjadi halangan untuk memulai usaha. Berikut ini beberapa peluang usaha di masa pandemi yang bisa dilirik.

Mewabahnya virus COVID-19 atau corona membuat sejumlah pelaku usaha kelimpungan. Bisnisnya yang semula berjalan normal dan lancar, tiba-tiba tersendat akibat virus mematikan ini. Meski demikian, para pengusaha sebaiknya tidak perlu khawatir dengan kondisi ini.

Hal ini karena sejatinya masih ada sejumlah peluang usaha yang bisa dilirik oleh para entrepreneur di masa pandemi seperti saat ini. Bukan cuma untuk para pengusaha, kamu yang mungkin terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat corona mungkin juga bisa mencoba peluang usaha yang menggiurkan di tengah pandemi ini.

Adapun peluang usaha yang dimaksud adalah berdagang. Lantas apa saja sih peluang usaha di masa pandemi yang menggiurkan yang bisa kamu geluti ketika pandemi corona ini? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Siasati Pandemi, Dana Buka Layanan Asuransi

Peluang Usaha di Masa Pandemi

1. Bikin masker kain

Sejak pemerintah mengumumkan wajib dan bolehnya penggunaan masker berbahan kain dalam menghadapi pandemi ini, masyarakat pun ramai memburunya. Alhasil, para penjual masker kain pun tidak sedikit yang meraup keuntungan. Berjualan masker kain bisa menjadi peluang usaha yang bagus.

Memang, jenis masker kain ini tidak seefektif dibanding masker N95 atau masker medis lainnya. Walau begitu, masker kain ini setidaknya memiliki manfaat untuk meminimalisir paparan droplet virus corona. Selanjutnya, kamu tinggal memikirkan desain atau gambar yang bisa menarik minat pembeli.

2. Bisnis minuman literan

Di masa pandemi ini tidak sedikit dari perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk bekerja di rumah atau WH (work from home). Nah, selama bekerja di rumah biasanya para karyawan ini ingin bekerja sambil bersantai dengan menyeruput minuman segar.

Maka tidak ada salahnya jika kamu berbisnis minuman literan. Belakangan ini cukup banyak dari pengusaha minuman, baik itu kopi, susu, atau minuman rasa lainnya yang menawarkan kemasan satu liter. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya kamu mencoba ikutan untuk membuat kemasan minuman literan.

Baca Juga: Adaptasi Hingga Pilihan Jasa Kurir yang Tepat Penting dalam New Normal

3. Berjualan online

Peluang usaha di tengah pandemi berikutnya yang bisa kamu coba adalah berjualan online. Berjualan online di sini maksudnya adalah dengan memanfaatkan saluran media sosial, seperti misalnya Instagram atau Facebook.

Lantas produk apa yang ingin dijual? Tak perlu khawatir. Kamu bisa memulai dengan berjualan makanan atau minuman, baik dengan sistem pre-order maupun siap dikirim. Lalu produk-produk kebutuhan pokok sehari-hari, hingga produk sandang pun bisa kamu coba.

4. Bisnis makanan beku

Makanan beku atau frozen food belakangan menjadi marak diburu oleh masyarakat. Hal ini karena sejatinya makanan beku memiliki keunggulan tersendiri, yakni siap untuk dimasak. Peluang usaha berjualan makanan beku ini sudah digeluti oleh pengusaha F&B yang sempat mengalami masa pailit.

Kamu bisa mencoba untuk membuat ayam goreng kemasan yang siap digoreng atau mungkin produk makanan camilan lainnya. Lagi-lagi, cara memasarkannya bisa melalui saluran media sosial atau online.

5. Jualan ramuan herbal

Hingga kini virus corona belum ditemukan obatnya. Meski demikian, bukan berarti kita tidak bisa mencegah virus ini untuk masuk ke dalam tubuh kita. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ramuan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Oleh karena itu, bisnis ramuan herbal mungkin bisa menjadi ide menarik yang bisa kamu geluti. Kamu bisa meracil ramuan herbal dari bahan-bahan seperti kunyit, temulawak, hingga jahe.

Nah, itu dia tadi beberapan peluang usaha yang bisa kamu lakukan di masa pandemi. Selain mempersiapkan usaha yang akan digeluti, jangan lupa juga untuk memikirkan jasa layanan logistik. Dalam hal ini, kamu bisa mempercayakan JNE untuk pengiriman ke seluruh wilayah Nusantara.

Baca Juga: Begini Cara Beli Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 di Erajaya

Exit mobile version