Kegiatan Jumat Berkah, Tradisi JNE Klaten Dimasa Pandemi Covid-19

Oleh : Riszal Wahyu Nugroho, JNE Sub Agen Klaten

Bersedekah adalah hal kecil yang mungkin jarang kita lakukan saat ini, bagaimana tidak keadaan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia mengakibatkan banyak kerugian di sektor perekenomian, tempat wisata ditutup, hotel terpaksa berhenti, perusahaan banyak yang mengalami gulung tikar.

Dampak ini mengakibatkan banyak orang kehilangan mata pencaharian, alih-alih untuk bersedekah untuk menghidupi diri sendiri pun sudah sangat sulit, akan tetapi keadaan sulit tersebut bukan menjadi alasan kita untuk tidak membantu sesama seperti hal nya yang di lakukan oleh JNE Klaten dengan mengadakan kegiatan jumat berkah.

Jumat Berkah adalah salah satu kegiatan dari JNE Klaten yang bertujuan memberikan sedekah kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi jumlah tertentu yang di laksanakan pada hari Jumat. Pemilihan hari Jumat dikarenakan pada kepercayaan islam bahwa Jumat adalah hari yang penuh berkah dan keutamaan bersedekah di hari Jumat juga tercantum pada HR.Abdurrazaq.

Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding jumat. Bersedekah pada hari jumat lebih besar pahalanya dari pada semua hari lainnya” (HR.Abdurrazaq)

Kegiatan yang telah berlangsung hampir 2 tahun tepatnya dimulai pada tanggal 27 Maret 2020 ini di latar belakangi atas rasa empati dari pihak JNE klaten kepada masyarakat sekitar kantor yang pada waktu itu yang terdampak Covid-19.

Akibat kondisi ini, mereka kesulitan dalam beraktifitas dan mencari rezeki, selain atas dasar empati  bersedekah adalah bentuk amalan serta kebenaran iman seseorang terhadap perintah Allah SWT karena banyak sekali keberkahan yang kita dapat saat bersedekah diantaranya:

Sebagai menghapus dosa ; Seperti yang tercantum dalam HR.At-Tirmidzi “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”.

Sebagai pembuka rezeki ; Kita tidak perlu takut kehabisan harta atau jatuh miskin setelah bersedekah, karena Allah SWT menjanjikan balasan rejeki yang berlipat ganda baik dalam bentuk uang maupun rezeki lain.

Terhindar dari marabahaya ; Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan dan bencana dengan kita bersedelah musibah tidak dapat mendahului kita.

Membuat hati tentram ; Bukan hanya penerima sedekah saja yang mendapat kesenangan akan tetapi pemberi sedekah juga merasakan ketenangan hati dan lapang karena beban-beban terangkat dan digantikan dengan rasa senang karena telah membantu sesama

Pimpinan JNE klaten bapak Sigit Beni Utomo juga menjelaskan bahwa kegiatan jumat berkah ini adalah ajang kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, menjadi pribadi yang lebih peka terhadap sesama, lebih bisa bersyukur atas apa yang telah kita punya serta sebagai pembelajaran bahwa sesulit apapun keadaan kita tetap harus bisa berbagi dan bermanfaat untuk sekitar.

Dana dari kegiatan ini adalah murni sumbangan ikhlas dari semua karyawan JNE klaten yang di kumpulkan pada satu kotak infak, dana yang telah terkumpul akan dibelikan makanan yang merupakan produk yang dijual oleh UMKM sekitar kantor dan dibagi kan ke warga sekitar selepas sholat jumat.

Bapak Sigit Beni Utomo berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana dan bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang ,kedepannya beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya sekedar berbagi makanan siap santap akan tetapi bisa membantu banyak hal seperti membagikan pakaian bekas layak pakai, sembako dan atau buku serta barang lain yang bermanfaat.*

Baca juga : Jejak Spiritual H. Soeprapto Soeparno (Bagian 1)

Exit mobile version