Kreasi Menarik dengan Lunch Box: Ide-ide Kreatif untuk Bekal Lezat dan Bervariasi Setiap Hari

Membawa bekal ke sekolah dan tempat kerja dalam lunch box merupakan solusi praktis untuk gaya hidup sehat dan anti boros. Selain itu, manfaat bekal juga sangat besar, yakni sebagai sumber energi agar bisa kuat beraktivitas seharian.

Coba dihitung, jika tidak membawa bekal berapa banyak uang yang harus disisihkan setiap harinya? Dikalkulasi dalam sebulan barangkali bisa membeli kebutuhan lain atau dialihkan ke pos tabungan misalnya.

Selain bisa menghemat uang jajan, membawa lunch box ke sekolah dan tempat kerja membuat tubuh lebih sehat serta dijamin kebersihannya. Namun yang menjadi kendala adalah menu apa saja yang bisa dijadikan bekal? Agar tidak bosan, lunch box sebaiknya bervariasi setiap hari dan pastikan kandungan gizi di dalamnya pun seimbang.

7 Ide Kreasi Lunch Box Lezat, Sehat dan Bervariasi Setiap Hari

Sekarang ini ada banyak pilihan lunch box dari bahan plastik hingga kayu yang ramah lingkungan. Membawa bekal dengan wadah makanan ini sangat membantu para orang tua memberikan nutrisi yang baik bagi keluarga.

Tak hanya cocok disiapkan oleh para ibu bagi anak-anak atau pasangan, siapa pun juga bisa banget menyiapkan lunch box untuk dinikmati saat jam makan siang di kantor. Tak perlu takut ribet, karena ada banyak macam masakan yang bisa disiapkan tanpa ribet, sat set, bahkan dengan bahan-bahan sederhana yang biasanya sudah ada di kulkas.

Nah, untuk yang tengah mencari referensi hidangan lunch box, berikut ini beberapa ide menu yang simpel, sehat dan pastinya gizi seimbang. Yuk, disimak!

1. Nasi Rolade Daging dan Sayur

Ide kreasi lunch box yang pertama adalah nasi rolade daging dan sayur. Untuk nasi, takarannya disesuaikan selera.

Isian rolade bisa menggunakan daging ayam atau sapi. Mau dicampur dengan udang pun bisa tetapi pastikan keluarga tidak ada yang alergi. Cara membuat rolade sangat mudah, untuk adonan daging dicampur dengan berbagai bumbu seperti wortel, kaldu dan lada. Roll-nya dibuat dari telur dadar saja, kemudian adonan daging diratakan di atas dadar. Setelah merata, tutup dengan aluminium foil dan kukus.

Agar gizi seimbang, tambahkan sayuran seperti timun. Kalau memiliki banyak waktu di pagi hari, bisa tumis kacang panjang.

Kreasi Menarik dengan Lunch Box: Ide-ide Kreatif untuk Bekal Lezat dan Bervariasi Setiap Hari

2. Nasi Goreng Seafood

Lagi hectic di pagi hari? Ambil jalan pintas dengan menyiapkan bekal nasi goreng seafood. Untuk topping seafood bisa gunakan udang, cumi atau kalau tidak ada bisa diganti dengan bakso. Tambahkan telur mata sapi agar lebih berselera.

Supaya  tidak repot mesti menyediakan sayur secara terpisah, tambahkan brokoli ke dalam nasi goreng. Sekali masak sudah ada protein hewani dan vitamin.

Baca juga: 3 Resep Nasi Goreng Paling Sederhana Antigagal

3. Mashed Potato dan Chicken Katsu

Chicken katsu tidak pernah gagal untuk menjadi menu lunch box. Cara membuatnya tidak sulit, cukup sediakan ayam fillet bagian dada atau paha, lalu dibalur dengan tepung dan telur.

Untuk penyajiannya bisa menggunakan mashed potato sebagai pengganti nasi. Namun, jika tidak sempat membuatnya, cukup nasi saja.

Bagaimana dengan sayur? Untuk menu ini enaknya dipadankan dengan salad ala Hokben yaitu kol dan wortel diiris tipis. Jangan lupa menambahkan mayones dalam bentuk sachet yang lebih praktis.

4. Nasi Kepal, Nugget Ayam dan Sosis

Menu sat set ini tidak butuh banyak bahan. Untuk nasi kepal, campurkan potongan kecil rumput laut dan telur orak arik, lalu dibentuk bulatan. Nugget dan sosis bisa menyesuaikan dengan merek yang sering dibeli dan sudah terbukti tidak menyebabkan alergi. Atau kalau ada waktu luang bisa menyetok nugget home made.

Untuk sayuran, biar tidak repot tambahkan selada saja.

5. Pasta Bolognese

Bekal dengan menu pasta bolognese bisa menggunakan jenis pasta seperti penne, fettuccine, atau spaghetti. Menu yang satu ini sangat praktis dan mudah menyiapkannya. Untuk saus bolognese bisa dibuat sendiri atau menggunakan bumbu instan yang dijual di supermarket. Jangan lupa menambahkan oregano di akhir penyajian untuk menambah cita rasa lebih kaya.

Bagaimana dengan sayur? Gampang saja, tambahkan brokoli dan wortel yang sudah direbus. Pasti  tambah lezat.

6. Nasi Beef Teriyaki

Bekal ini bisa diadaptasi dari menu populer dari beberapa restoran franchise asal Jepang. Caranya tidak sulit, untuk daging sapi dipotong tipis lalu dimarinasi dan diolah dengan berbagai bumbu termasuk saus teriyaki. Penyajiannya, tambahkan nasi dan untuk sayur bisa membuat ala salad. Bahan salad bebas saja, bisa selada, kol, wortel, pokoknya yang tersedia di rumah.

7. Gimbap

Gimbap adalah makanan dari Korea yang penyajian nasi dan lauk dibungkus dengan rumput laut. Bisa dikatakan, gimbap ini memenuhi menu piring seimbang. Karena di dalamnya sudah ada karbohidrat dari nasi, protein hewani, vitamin dari sayur serta serat dari rumput laut.

Membuat gimbap pastikan nasinya dicampur terlebih dulu dengan sedikit minyak wijen untuk menambah cita rasa autentik khas Korea, lalu susun aneka protein bisa dari tumisan tuna, telur dadar, ayam fillet, dan irisan timun serta wortel.

Agar lebih lengkap, sajian menu lunch box di atas bisa tambahkan dengan susu kotak atau yoghurt kemasan dan buah.

Tips Persiapan dan Penyimpanan Lunch Box

Membuat lunch box setiap hari pasti melelahkan dan memakan waktu yang cukup lama jika semua dimasak di pagi itu juga. Untuk menyingkat waktu dan menghemat tenaga, terapkan beberapa tips persiapan dan penyimpanan berikut ini.

1. Buat Daftar Menu Seminggu

Untuk memudahkan memasak, maka siapkan daftar menu untuk satu minggu. Adanya daftar ini memudahkan kamu untuk membeli bahan makanan apa saja yang dibutuhkan serta bisa menghitung pengeluarannya.

2. Perhatikan Gizi Seimbang

Bekal untuk ke sekolah dan tempat kerja tidak lepas dari makanan dengan gizi seimbang. Merujuk isi piringku dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dalam seporsi piring harus ada karbohidrat (nasi, kentang, mie), sayuran, lauk pauk dan buah-buahan.

Menghadirkan gizi seimbang dalam menu bekal membantu meningkatkan daya tahan tubuh, fungsi otak dan sumber energi dalam melakukan aktivitas.

3. Food Preparation

Food preparation adalah sebuah metode memasak yang dilakukan dengan cara menyiapkan semua bahan baku menjadi bahan siap masak untuk jangka waktu yang telah direncanakan. Ini sangat membantu dalam proses memasak di pagi hari. Akan ada banyak waktu yang bisa diringkas jika menerapkan metode ini.

Contohnya, salah satu menu bekal adalah chicken katsu, maka di hari sebelumnya fillet dada ayam sudah dimarinasi dan dicampur dengan telur serta tepung, lalu diletakkan ke dalam box kedap udara dan disimpan di freezer. Apabila ingin dimasak di pagi hari, turunkan dulu boxnya ke chiller sejak malam hari agar kualitas bahan masih terjaga.

4. Hindari Mencuci Buah sebelum Dimasukkan ke dalam Kulkas

Buah tidak perlu disimpan dalam ruangan dengan tingkat kelembapan tinggi. Jadi, tidak perlu mencucinya sebelum disimpan ke dalam kulkas karena akan menyebabkan buah cepat membusuk.

Sebaliknya, untuk sayuran sebaiknya dicuci terlebih dulu karena memerlukan kelembapan tinggi serta untuk mencegah bakteri dan kotoran yang nantinya akan menyebabkan sayur menjadi layu atau kuning.

5. Hindari Menutup Lunch Box saat Masakan Masih Panas

Biasanya karena terburu-buru maka kotak bekal makanan langsung ditutup saja walaupun lauknya masih panas. Ini harus dihindari karena bisa menyebabkan makanan cepat basi.

Langkah terbaik adalah dengan menyendok terlebih dulu nasi, lalu dianginkan. Untuk menu lauknya didiamkan terlebih dulu di suhu ruang, saat sudah tidak terlalu panas baru ditata ke dalam lunch box.

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat menu untuk lunch box? Deretan ide kreasi di atas dan tipsnya bisa diterapkan untuk mendapatkan makanan gizi seimbang dan tidak perlu terburu-buru menyiapkannya di pagi hari.

Exit mobile version