Penjualan PlayStation 5 Tembus 10 Juta Unit

Sony umumkan penjualan PlayStation 5 melebihi PlayStation 4

Penjualan PlayStation 5 terus meroket. Data terbaru yang dipaparkan oleh Sony Interactive Entertainment menyebutkan bahwa hingga pertengahan tahun 2021, perangkat konsol game generasi terbarunya itu mencatat penjualan mencapai 10 juta unit secara global.

Angka penjualan itu terhitung sejak pertama kali diluncurkan pada 12 November 2020 lalu. Dengan demikian, PlayStation 5 menjadi perangkat konsol dengan penjualan tercepat sepanjang sejarah perusahaan dan bahkan terus melampaui penjualan dari perangkat konsol game pendahulunya, yakni PlayStation 4.

President and CEO of Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan adanya pencapaian yang luar biasa tersebut. Pencapaian tersebut menurutnya tidak akan bisa terjadi jika tidak ada dukungan dari para penggemar dan juga mitra developer dan publisher yang telah menciptakan game terbaik untuk platform-nya.

Baca Juga: Berapa Harga Steam Deck? Bedah Spesifikasi dan Peluncurannya

“Saya tidak bisa mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam yang kami rasakan untuk komunitas penggemar PlayStation kami yang penuh semangat yang telah merangkul PS5, dan mitra pengembangan dan penerbitan kelas dunia dalam menghadirkan pengalaman bermain game yang luar biasa untuk platform kami,” ujar Jim dikutip dari keterangan resminya.

Meski saat ini PlaySation 5 sudah menjangkau gamer di seluruh dunia, lanjut Jim, menurutnya masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus tetap dikerjakan. Adapun salah satunya adalah terkait permintaan yang diklaim melebihi dari pasokan.

“Saya ingin para gamer mengetahui bahwa kami terus menghadapi tantangan unik di seluruh dunia yang berpengaruh terhadap industri kami dan banyak lainnya. Namun, meningkatkan tingkat inventaris tetap menjadi prioritas utama di perusahaan,” tambahnya.

Baca Juga: Spesifikasi Steam Deck, Perangkat Game Portable Terbaru dari Valve

Ke depan, Jim menjelaskan bahwa perusahaan memperkirakan penjualan PlayStation 5 di tahun fiskal ini tetap tidak berubah. Akan ada jajaran game eksklusif yang dirilis dari PlayStation Studios termasuk God of War terbaru besutan Santa Monica Studios, Gran Turismo 7 buatan Polyphony Digital, dan Horizon Forbidden West dari Guerrilla Games.

Di samping itu ada juga beberapa game yang sangat ditunggu-tunggu dari partner SIE, antara lain Battlefield 2042 dari Electronic Arts, DEATHLOOP dari Bethesda, Far Cry 6 From Ubisoft, dan Kena: Bridge of Spirits dari Ember Lab.

Seperti diketahui, jumlah penjualan 10 juta unit per bulan Juli ini meningkat pesat sejak catatan penjualan di bulan Mei 2021 sebanyak 7,8 juta unit. Selain mencatat penjualan konsol yang besar, Sony juga mencatat penjualan dari game.

Bahkan dari kicauan yang disampaikan di Twitter pada Mei 2021 lalu, disebutkan bahwa ada sekiar 338,9 juta game terjual untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5 hingga akhir tahun fiskal Sony yang jatuh pada 31 Maret 2021. Dari total game, sebanyak 65% atau sekitar 220 juta game yang terjual adalah versi digital, naik sebanyak 12% ketimbang tahun lalu.

Baca Juga: Belanja Video Game Naik Selama Pandemi-COVID 19

Exit mobile version