Rayakan HUT JNE Ke-31, JNE Makassar Gelar Kegiatan Donor Darah

Oleh : Sitti Mawadda, JNE KCU Makassar

Bertahan sebagai ekspedisi terdepan tidaklah mudah apalagi setelah melewati masa kritis pandemi. Berbagai macam rintangan silih berganti tetapi berkat usaha dan do’a, masa-masa sulit dapat dilewati dan pada tanggal 26 November 2021 JNE tepat memasuki usia 31 tahun.

Sebagai rasa syukur, pada tanggal 25 November 2021 menjelang ulang tahun JNE ke-31, JNE Makassar melakukan kegiatan donor darah yang berkolaborasi dengan UTD Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan yang terbuka untuk karyawan dan umum ini, dilaksanakan di Kantor Cabang JNE Makassar lantai III.

Kegiatan donor darah disambut antusias oleh para karyawan, jumlah karyawan dan umum yang mendaftar sebanyak 158 orang tetapi yang memenuhi persyaratan hanya kurang lebih 80 orang. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 09:00 – 14:00 WITA dan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum melakukan pendonoran darah salah satu petugas melakukan pemeriksaan kepada para pendonor apakah memenuhi persayaratan atau tidak. Beberapa persayaratannya yaitu : Sehat jasmani dan rohani, Berat badan ideal serta tekanan darah normal.

Setelah mendonor, pada relawan mendapat masing-masing kotak yang berisi snack sebagai bentuk apresiasi. Beberapa peserta pendonor sudah ada yang sering dan rutin melakukan donor darah dan ada juga pemula. Kesan setelah melakukan donor berbeda-beda, bagi yang sering melakukan kesannya biasa saja, berbeda dengan pemula.

“Ini pengalaman pertama saya ikut mendonor rasa takut pasti ada, perasaan dingin dan detak jantung yang kencang menyelimuti sebelum mendonor”, ungkap Ansar. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk mengikuti kegiatan ini sebagai pendonor.

Terdapat pula kejadian yang lucu untuk pemula dimana sebelum diperiksa kondisinya baik-baik saja dan tekanan darah normal tetapi setelah diperiksa tiba-tiba hasil tekanan darah berubah drastis hingga mencapai 155/80 mmHg dan gagal menjadi pendonor.

“Awalnya saya memang tidak pernah ikut donor darah, karena takut sama suntik dan takut efeknya, kata orang ada yang pusing setelah mendonor, mungkin rasa takut itu yang membuat tekanan darah saya meningkat secara tiba-tiba, sedih juga sih kali ini gak bisa ikutan donor, semoga dikegiatan berikutnya sudah bisa ikutan lagi ”, tutur Elyang

Banyak cara untuk membantu sesama, salah satunya yaitu mendonorkan darah bagi yang membutuhkan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi hidup orang banyak dan dapat menolong nyawa seseorang, apalagi saat ini Indonesia sangat membutuhkan stok darah di masa pandemi ini.

Donor darah juga memberikan manfaat terhadap pendonor, seperti meningkatkan produksi darah, jantung dan tubuh jadi lebih sehat, membakar kalori dalam tubuh serta dapat menurunkan resiko kanker. Oleh karena itu kegiatan seperti ini tidak merugikan pihak mana pun malah sebaliknya, bermanfaat untuk penerima donor dan pendonor. Banyak yang berharap agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan. *

Baca juga : Kuis Mingguan JNEWS Hadir Lagi dengan Total Hadiah Rp3 Juta

Exit mobile version